UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sosialisasi program carpooling dengan tujuan membentuk perilaku hemat energi di perusahaan

Chempaka Syahbuddin; Mokoginta, Urip Abdurachman, supervisor; Iman Sukhirman, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini berfokus pada intervensi yang dilalcukan oleh manajemen di PT KOE untuk mcmbcntuk perilaku hemat energi pada karyawan meialui program carpooling. Pada saat ini ketersediaan energi BBM semakin berkurang. Menurut UU Konsewasi Encrgi no.30 tahun 2007 adalah tanggungjawab semua pihak untuk melakukan konservasi energi. Karena pemakaian BBM di Indonesia terbanynk dikonsumsi oleh sektor industrl, dengan perincian sebagai berikut : yaitu sektor rumah tangga sebesar 21,5%, sektor transportasi 37,9% serta sektor industri sebesar 40,6%, maka sektor indushi sangat mcnaruh perhatian khusus untuk menghemat energi. Disinilah perusahaan dapat berpanisipasi. Energi dalam arti spcsifik yang dipakai industri adalah energi listrik yang menggunakan bahan bakar minyak untuk pembangkilnya. Dalam rangka ikut berpartsisi dalam melakukan pcnghematan energi di perusahaan, managemen PT KOE mcncari program konservasi energi yang sesuai dengan keseharian karyawannya. Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan penulis, tergambarkan pola keseharian karyawan di PT KOE yang mengakibatkan pemakaian listrik yang melebihi semestinya di dalam kantor. Hal ini menyebabkan membengkaknya biaya listrik yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Untuk menimbulkan perilaku konscrvasi cnergi, penul is mengusulkan kepada perusahaan untuk melakukan program kompetisi carpooling, yaitu sebuah perilaku dimana karyawan menggunakan satu mobil beramai-ramai sewaklu berangkat dan pulang kerja. Bertujuan untuk melihat intensi karyawan dalam melakukan carpooling, penulis melakukan intervensi di perusahaan dengan menyebarkan informasi selama tiga hari benurut-turut kcpada kclompok yang terdiri dari 30 orang dengan kritcria mcmiliki mobil pxibadi dan berdomisili di luar Jakarta. Dilakukan juga pengukuran intensi, sebelum dan sesudah intervensi. Hasil yang didapat adalah teljadi kcnaikan intcnsi untuk melakukan cmpooling puda karyawan setelah diadakan intervensi. Berdasarkan hasil intervensi ini, pcnulis mengusulkzm kepada pemsahaan untuk mclaksanakan kompetisi carpooling antar karyawan untuk membentuk perilaku melakukan carpooling sewaktu berangkat dam pulang kantor bcrsama rekan sekerja.

Today, the supply of energy from fossil fuel is depleting, white the demand is increasingly higher. Consequently, the price is also rising higher every day. The Conservation Bill no.30 year 2007 (Undang-undang Konservasi no.30 tahun 2007) has stated that it is the responsibility ot' all involved in society such as the industry, the transportation and the households sector to conserve energy. The statistics shows that the industrial sector has consumed 40,6% ot? all energy consumption, followed by the transportation sector that reaches 37% and the household sector is 21 ,5%. Therefore, the industry is the sector most conccmcd to safe energy a way to cut energy cost. Energy in industrial term means electricity; as such electric power plant to be able to operate needs fossil fuel as the energy. The intervention in corporation done by PT KOE company toward its employees is done because the company is seeking a solution, a way to conserve energy meaning to cut electricity cost. From observation and interviews, the writer finds out the routines of the everyday life of the employees of PT KOE company which eventually effects the consumption of electricity which is higher than it should be. The management of PT KOE has agreed to a proposal submitted bythe writer to conduct intervention within corporation which is the carpooling, a behavior in which employees to go to work and go home together sharing one car with fellow employees. The writer conducts intervention in corporation by spreading infonnation to a group of 30 employees in a three days? time in sequence, with the following criteria: each has a private car, each lives in outer J akarta. Intention measurement is also done before and after intervention. The result is the raise of intention of the employees atier the intervention conducted. Based on the result of the intervention, the writer proposes to the management of PT KOE to conduct carpooling competition to develop carpooling behavior to go to work and to go home together with colleague by sharing a car.

 File Digital: 1

Shelf
 T34106-Chempaka Syahbuddin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T34106
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 81 pages : illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34106 15-19-893743775 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344243
Cover