UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis model konsep pelajar Sekolah Menengah Pertama Jakarta Selatan dan Bogor

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Konsep diri. merupakan salah konstruk psikologi yang sulit untuk diuji seoara
empiris. Kesulitan yang muncul disebabkan adalah adanya hambatan dalam
pengembangan alat ukur yang akan digunakan dalam pengukuran konsep din. Alat ukur
yang telah berkembang sebelumnya, menunjukkan adanya pennasalahan dalam melakukan
pengukuran, karena eenderung bersifat self report dan tingginya social desirable. Akhimya
pada tahun 1976, Shavelson mengembangkan teori mengenai konsep diri, dimana konsep
diri dibagi dalam beberapa kelompok (kelompok konsep diri akademis dan konsep diri non
akademis) dan bersifat hierarkis. Teori lni, kemudian dikembangkan oleh Marsh (1985)
untuk membuat Self Description Questionnaire (SDQ). yang dalam praktek pemakaiannya
memiliki klasilikasi berdasarkan usia responden. Melihat usia sampel yang digunakan
dalam penelitian ini, alat ukur yang digunakan adaiah SDQ ll.
Stratilikasi yang muncul dalam pengelompokan konsep diri membmuhkan suatu
metode pengujian tersendin terhadap alat ukur, dimana membutuhkan adanya verifikasi
mengenai model konsep diri yang terbentuk. Tujuan dalam kegialan analisis model ini
adalah untuk melihat kesesuaian antara model yang terbentuk pada alat ukur konsep diri
dengan teori yang dijadikan sebagai dasar pembuatan alat ukur. Model konsep diri yang
akan diuji adalah model konsep din single factor, model konsep diri dua faldor dan model
konsep diri secondary factor analysis. Selain Itu, dilakukan validasi dari konsep din
akademis dengan pencapaian akademis, dimana sesuai dengan leon yang dikembangkan
oleh Marsh pada peneiitian sebelumnya, bahwa konsep diri akademis mempengamhi
pencapaian akademis.
Analisis model konsep diri, yang menggunakan metode Conlirmafory Factor
Analysis dengan program LlSREI menunjukkan bahwa ketiga model konsep diri yang
tersebut menunjukkan adanya pengaruh error dari seiiap item pada dimensi lmnsep din.
item dan dimensi konsep diri yang berbeda saling mempengaruhi satu dengan Iainnya dan
tidak secara khusus mengukur dimensi konsep din dimana item tersebut berada.
Hubungan antara model konsep diri akademis dan pencapaian akademis, tidak
menunjukkan adanya korelasi yang signifikan. Penyebab ketidaksignifikan dapal
disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adaiah kemungkinan dari pengukuran
pencapaian akademis yang tidak akurat dimana pencapaian akademis yang seharusnya
diukur dengan menggunakan alat ukur pencapaian akademis dalam operasional diganti
dengan menggunakan nilai rapor.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Amaryllia Puspasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37865
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 91 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37865 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344327
Cover