UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran kebutuhan pekerja sosial sebagai caregiver di panti sosial berdasarkan tes EPPS

Lubis, Arliza Juairiani; Siti Dharmayati B. Utoyo, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Manusia ditakdirkan untuk hidup dalam suatu lingkungan dan bergaul dengan orang Iain untuk mendapatkan dukungan sosial. Sumber dari dukungan sosial disebut caregiver. Menjadi caregiver seringkali menimbulkan stres serta psikiatrik dan fisik yang tidak disadari atau diabaikan. Padahal Pekerja Sosial harus memiliki pemahaman yang baik tentang kondisi dirinya, terrnasuk tentang keburuhannya. Jika Pekerja Sosial dapat memahami kebutuhan pribadinya, maka ia akan lebih dapat memberikan pelayanan sosial yang lebih berkuaiitas.
Untuk membantu mengenali kebutuhan ini, dipakai aiat tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Kebutuhan yang diukur adalah Achievement, Deference, Order. Exhibition, Autonomy Ajiiliation, Intraceptton, Succorance, Dominance, Abasement, Nurturancc, Change, lindurance, Heterosex dan Aggression. Socara umum kebutuhan ajiliation, intraception, endurance dan nurturance Pekerja Sosial tidak tinggi sementara exhibition dan autonomy tinggi. Berdasarkan jenis kelamin ada perbedaan antam laki-laki dan perernpuan. Pada laki-laki Exhibition dan Autonomy tinggi sementara Dominance, Nurturance, Endurance dan Aggression rcndah. Pada perernpuan Achievement. Autonomy, Ajiiiation dan Change tinggi sementara Intraception, Dominance e& Aggression rendah.
Berdasarkan Kelompok Usia diternukan Autonomy tinggi pada semua ke1ompok. Berdasarkan tingkat pendidikan SLTA dan diatas SLTA ada perbedaan dalam Achievement, Ajfiliation, Nurturance, Change dan Heterosex. Pada SLTA terlihat Exhibition dan Autonomy tinggi sementara Dominance dan Aggression rendah. Pada diatas SLTA terlihat Achievement, Exhibition,_Autonomy, Ajiiiation dan Change tinggi sementara. Dominance, Nurturance, dan Heterosex clan Aggression rcndah. Gambaran di PSBL mcnunjukkan Order, Exhibition dan Autonomy tinggi sementara Intraception, Dominance, Nurturance dan Aggression rendah; Gambaran di PSMP menunjukkan Achievement, Exhibition, Autonomy dan Ajiliation tinggi sementara Dominance, Endurance, Heterosex dan Aggression rendah. Gambaran di PSBR menunjukkan Autonomy Succorance dan Change tinggi sementara Order, Dominance, dan Nurturance rendah.
Perbedaan-perbedaan yang muncul memerlukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam. Sebagai saran untuk mendapatkan gambaran kebutuhan yang lebih akurat maka responden perlu diperbanyak serta dilakukan wawancara mendalam pada beberapa responden. Ada baiknya penclitian dilakukan pada beberapa panti sosial yang beragam sehingga hasil yang didapatkan lebih menggambarkan kebutuhan Pekerja Sosial secara lebih meluas.
Penelilian juga dapat dilakukan secara terfokus pada panti sosial yang memiliki karakteristik khusus sehingga bisa didapatkan gambaran yang lebih akurat tentang kebutuhan Pekerja Sosial pada panti sejenis. Dengan dilemukannya perbedaan hasil anlara Pekerja Sosial laki-laki dan wanita, bidang ini juga dapat menjadi topik penelitian yang menarik untuk digali lebih mcndalam.
Selain gambaran umum yang didapat lewat nilai rata-rata dan pergentase umum dalam bentuk grafik, hasil dapat pula diperkaya dengan menambahkan analisa persentase Pekerja Sosial per kcbutuhan yang terbagi kedalam kelompok tinggi, sedang atau rendah. Bagi lembaga yang terkail, penting sekali unluk meningkatkan perhatian pada caregiver pada umumnya dan Pekenja Sosial di Panti Sosial pada khususnya dalam setiap bidang kebutuhan. Dengan terpenuhinya kebutuhan ini, diharapkan caregiver dapat meningkatkan kemampuan dirinya yang akan mempertinggi kualitas bantuan yang dapat ia berikan pada kliennya.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Arliza Juairiani Lubis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 61 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-638561816 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344365
Cover