UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran penerimaan identitas dan respon thematic apperception test (TAD) pada lesbian

Aulia Chairani; Ina Saraswati, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Sebagai perempuan yang menjalani hidup dengan identitas lesbian pada masyarakat yang heterosentris dengan dominasi parriarki yang kuai mempakan pilihan yang sulit. Tidak mudah bagi mereka untuk mengartikan identitas secara positif sementara lingkungan mereka masih memberikan penilaian yang negative. Pada kasus tertenlu mereka menginternalisasikan homophobia yang mereka pelajari dari lingkungan sehingga membawa pengaruh yang negatif terlmdap penyesuaian psikologis memka (Greene dalam Greene&I-Ierek, 1994). Permasalahan kesehalan mental yang dialami oleh lesbian bukan konsekuensi langgung dari identitas seksualnya tetapi sebagai konsekuensi dari identilas yang sudah terlanjur terstigma di mala masyarakat yang heterosentris. Dampak siigma yang perlahan terhadap pengalaman lesbian terlihat jelas melalui model teoritis dari pembentukan idenlitas (Bohan, 1996). Gambaran penem aan identitas lesbian diperoleh melalui waaancara dengan panduan model anam tahapan penerimaan identitas dari VC.Cass. Peneliti juga akan menggunakan tes kepribadian sebagai alat diagnostik untuk menangkap kompleksitas dari penghayalan tersebut.
Thematic Apperceprfon Test (T AT) aclalah salah satu alat kepribadian yang memakai prinsip proyeksi Grorh-Mamai (1984) menjelaskan bahwa TAT sangat bergantung kepada metode interpretasi kualitatif dan lebih menilai kekhasan siltuasi kehidupan individual yang bersifat saal ini (here and now) dibandingkan dengan slruktur kepribadian yang mendasar. TAT merupakan teknik unluk menginvesligasi dinamika kepribadian yang termanifestasi dalam hubungan interpersonal dan dalam interprestasi bermakna terhadap lingkungan (Bellak, 1993). Dalarn memaharni individu secara unik dan menyeluruh harus dilihat dari konteks serta pengalaman soslalnya di lingkungan. Semenlara identitas merupakan perasaan unik seseorang terhadap dirinya yang melekal pada dirinya Smara tidak langsung hasrat yang lumbuh selama in.i lmtuk mengekspresikan identitasnya serta membuka diri sepenuhnya kepada publik berkaitan dengan gambaran kepribadian serta keadaannya pada sam ini. Gambaran penerimaan idenlitas yang sudah dijalani oleh lesbian hingga saat ini dapat melengkapi kebutuhan tidak sadar, konsepsi lingkungan orang-orang di dalamnya dan dimensi kepribadian subyek yang terungkap dari TAT.
Pendekatan yang digunakan dalam TAT bersifat idiogralik arau berd arkan keunikan individu. Pada dasar ini pala penelili akan menggunakan pendekaian kualitatif sebagai melode penelitian terhadap tiga orang perempuan yang mengidenliflkasilcan dirinya sebagai lesbian. Hasil penelitian memperlihalkan bahwa secara umurn TAT memb-erikan gambaran subyek yang Iebih mendalam alaupun mempertajam infomaasi dari anamnesa Pengalaman serta penghayatan subyek terhadap identitas lesbian yang tidak terungkap secara mendalam pada gambaran penerimaan idenliias yang diperoleh melalui anamnesa, temyata terproyeksi melalui TAT. Tampalmya derajal dan lingkatan penerimaan identilas liap subyek mernpengaruhi gambaran konsep diri. , persepsi terhadap figur orang tua, penerimaan identitas lesbian, hubungan interpersonal dengan orang Iain, persepsi terhadap lingkungan serta cara mereka menangani konllik secara keseluruhan yang tertangkap baik dan anamnesa dan TAT.
Ketiga subyek merailiki gambaran konsep diri yang berbeda-beda dan unik dan berkailan dengan identitas lesbian yang melelzat pada diri mereka. Dua dari subyek memiliki kebuluhan dalam menjalin aliliasi emosional, dan mengajarkan kelenarikan tersebut secara jelas kepada perempuan yang menonjol. Kebuluhan ini memiliki konflik dengan superego. Salah satu dari mereka memiliki superego yang menglmkum secara parah dengan nuansa agrmi yang ditunjukan kepada dirinya maupun arang lain. Hakikat kecemasan dari lcedua subyek di atas adalah kehilangan kasih sayang dan ditinggalkan. Sementara subyek yang lain merasa bahwa dirinya berbeda dan tidak puas dengan dirinya saat ini. Kebutuhan utamanya adalah dikasihi, dimengerti, bergantung, dan didukung oleh Iingkungannya (N-Succoronce) dan memberikan kasih sayang yang dalam (N-Nurruronce) yang dimanifestasikan dalam bentuk yang ekslrim dan hal ini memberikan tendensi masokis pada dirinya. Kedua kebutuhan mama ini mempakan sumber konflik yang bermakna dari dalam dirinya. Keeemman dari subyek ini adalah penolakan dari lingkungan. Semua subyek memiliki hubungan yang tidak dengan kedua orang tua mereka dalam derajat yang berbeda-beda. Sikap mereka lerlihat melalui penolalian, ambivalensi, hingga kebencian tahadap figur orang tua.
Secara umum, dari tahapan penerimaan identitas yang dikemukakan oleh Cass (dalam Bohan, I996), dan subyek mencapai tahapan keempat (ldentity Accepronoe) dan sisanya baru mencapai iahap ke dua (Identity Comparison). Subyek yang sudah mencapai tahap ldonmy Comparison, masih memililci inremahzed homophobic yang masih kuat terhadap lesbian Dua subyek Iainnya yang sudali pada tahap Idenriryrficceprance memiliki perbedaan dalam darajat pengungkapan diri yang mereka lakukan. Salah salu dari mereka hampir tidak mernbaiasi dirinya dalam mengimgkapkan identitas lesbiannya, some-mam yang Iainnya menggunakan passing sebagai heleroseksual kepada kalangan tertentu. Tidak semua subyek dapat memprayelsikan kelertarikan seksual mereka melalui lema dalam TAT.
Ada dua orang subyek yang memproyeksikan ketertarikan homoseksualnya dengan jelas dalam tema cerita, sememara yang lainnya cenderung untuk merepresi kebutuhan tersebut dan mernproyeksikannya dalam benrul: yang lain, yaitu mourning terhadap ideal loss. Hubungan inlerpersonal para subyek juga terkait dengan lingkalan penerirnaan idenituas mereka. Dua orang subyek dengan tahapan identity memiliki hubungan interpersonal yang baik dengan ternan-teman rnereka yang berasal dari komunitas gay emu lesbian Namim salah seorang dari mereka yang masih membatasi pengungkapan dirinya, memproyeksikan bahwa orang-orang yang berada di lingkungannya tidak mudah memahaminya dan menanggapinya secara berbeda. Tetapi pada subyek dengan tahapan penerimaan identity Comparison masih memiliki perasaan inrerriolized homophobia.
Pada subyek dengan lahapan Identity Acceptance merasa bahwa lingkungan mereka cenderung mendukung mereka dan tidak pemah mengalami reaksi negatif terhadap ideniilas lesbian yang mereka sandang Namun salah seorang dari mereka yang masih membatasi pengungkapan idmtilm lesbiannya masih mengesankan bahwa Iingkungannya meagecewakan dan tidak memuaskan seperti apa yang ia harapkan. Pada subyek yang dengan derajal penerimaan dirinya yang lebih tinggi dapai andang lingkungannya cukup proporsional, dimana rentangnya dan menyenangkan hingga tidak menyenangkan. Sementara subyek yang masih mengalami internalized homophobia memandang lingkungannya dengan kesan yang negalif dimana lingkungannya tidak mendukung dirinya sehubungan dengan identitas lesbiannya. Tiap subyek memiliki kekhasan dalam menangani konllik. Pada subyek yang memiliki inremmlized homophobia cenderung tidak adelcual dalam menangani konfliknya dimana ia menggunakan penyelesaian melalui agresi yang ditujukan kepada dirinya Hruroyeksi) maupun orang lain. Pada subyek yang membzuasi pengungkapan identitas lesbian memiliki penyelesaian konflik yang represif dan denial. Sememara pada subyek dengan derajal penerimaan idmtitas yang Iebih tinggi tampaknya memiliki keeendenmgan unluk menggunakan mekanisrne perlahanan intelektual dan isolasi emosi.
Ketiga subyek terlihal masa Ideruigv Foreclosure yang cukup panjang, yaitu sekitar 10 hingga 15 tahun hingga akhimya tumbuh perasaan nyaman pada diri mereka Stagnasi ini sangat diwamai oleh mekanisme perlahanan denial, represi dan supresi. Pada maaa lemebut,1erlil:|aI adanya keeenderungan bunuh diri pada pada ketiga subyek. Temuan ini didulrung oleh hasil risa membuktikan bahwa individu homoseksual pada periode remaja atau dewasa muda cenderung untuk mengalami masalah psikologis, khususnya kasus pereobaan bunuh diri dan penyalahgunaan 221 (Gonsiorelg 1995). Derajal penerimaan subyelc lerlihai berkembang pesar ketika mereka menemukan dan bergabung dalam komunilas lesbian. Sepertinya merelra menerima dukungan sosial yang lebih bennakna dari komunitas. Komunitas ini berfungsi sebagai exrendadjizmify dan dukungan sosial yang diperoleh oleh lesbian berkaitan dengan penyeeuaian serta kebahagiaan yang lebih baik (Berger daiam Donelson,l999). Kemuclian lesbian dapal mempenahanlmn say'-esteem mereka melalui keterlibatan dalamkomunitas lebian (Crocker & Major dalam D’Augel|i 8: Gameis, 1995). Selain itu komak dengan komunitas berarli dapat mengadopsi idenlitas kelompok yang memberikan role model dan dapat mmghilangkan perasaan isolasi sosial serta keterasingan (Kurdek dalam D’AugelIi & Gamets, 1995).
Penggunanan TAT terbukti mengimgkaplmn lebih dalam serta memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai penghayatan lesbian terhadap idenlitas yang mereka pilih. Peneliti tidak sekedar menangkap dorongan tidak sadar subyek namun juga memperoleh dinamika hubimgan aktual para subyek dengan orang-orang yang ada di lingkungannya serta bagaimana mereka hubungan interpersonal tersebut Misalnya pada kann 9 GF yang memiliki stimulus mine sibling rivalry dan hubungan antar perempuan, ternyata mampu merstimulasi subyek unluk mengungkapkan ketertarikan homoseksual mereka saai ini dan bagaimana merelca menangani perasaan tersebut. Penemuan ini konsisten dengan pcnjelasan Bellak (1993) bahwa keimggulau TAT lerletak pada kemampuannya dalam mencetuskan isi dan dinamika hubungan intapersonal serta pola-pola psikodinamik Hal ini juga dapai dijelaskan melalui asumsi utama dalam menginterpretasi TAT menurut Lindley (dalam Bellak, 1993) dimana dalam mencerilakan sesuatu melalui orang ketiga, subyek dapat mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh cerita Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan agar TAT dapat digunakan sebagai alat diagnostik dalam pemeriksaan psikologis amu proses konseling Psikolog dapat berperan dalam mendampingi klien lesbian dalam me-ngenali dan menerirna identitas lesbian mereka. Pendampingan ini secara. tidak langsimg akan berdampak dalam memaksimalkan fungsi imerpersonal Serta mengintegrasikan identitas rnereka dengn baik di tengah masayarakal yang didominasi heteroseksual, Peneliian ini dilakulmn pada jumlah subyek yang relarif Milan Oleh karena itu perlu diadalcan penelilan lmalilaiif lanjutan pada sampel yang Iebih besar dengan titik salurasi yang terpenuhi unluk keragaman basil.
Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mendapalkan gambaran l»:epribadian subyek secara utuh serta bagairnana merelsa menangani penerimaan ideniitas lesbian yang melekal pada diri mereka. Penerimaan identitas bagi lesbian merupakacn sushi prosm yang hams dijalani rnereka seumur hidup. Untuk lerus mempertahankan integrasi identitas mereka secara posilif mereka disarankan unluk tidak lagi membamsi pengungkapan diri mereka dengan orang lain. Selain itu mereka juga terlibat dan terus aktif dalam komunilas lesbian agar dapat meningkalkan self esteem dan menghindari murka.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Aulia Chairani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37923
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 132 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37923 15-22-04136118 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344366
Cover