UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Appreciative inquiry sebagai model penunjang untuk meningkatkan efektifitas coaching dan proses performance appraisal di perusahaan

Budhi Wirawan; Eddie Cahyono Putro, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Tugas akhir ini berfokus pada bagaimana menggunakan pendekatan appreciative inquiry
dalam coaching dan performance appraisal khususnya diterapkan pada program
persiapan kader kepemimpinan yang terpadu pada PT X.
Permasalahan yang hendak dikaji adalah kurang tepatnya program mentoring yang
selama ini dilaksanakan oleh PT X, sehingga perlu usulan perbaikan dengan melakukan
modifikasi atas program mentoring , menjadi program coaching dalam proses persiapan
kader kepemimpinan terpadu guna mempersiapkan calon-calon pemimpin unit kcrja
perusahaan di masa yang akan datang. Penggantian tersebut diperlukan mengingat dalam
program mentoring fokus utamanya adalah bukan pada performance karyawan, namun
Iebih kepada adanya transfer nilai-nilai dari seorang mentor kepada mentee. Program
mentoringjuga lebih bersifat tanpa agenda yang terstruktur. Sedangkan apa yang hendak
diterapkan oleh PT X adalah adanya fokus pada performance karyawan dengan
mcnggunakan agenda tertentu. Dengan demikian program coaching akan lebih tepat
untuk diterapkan.
Selanjutnya, tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan usuian bahwa coaching dan
peq7'or/nance appraisal yang diterapkan akan lebih efektifbila menggunakan pendekatan
appreciative inquiry _ Bcberapa keunggulan pendekatan appreciative inquiry ini adalah :
1) mcrangsan g adanya komunikasi secara lebih terbuka antara atasan dengan karyawan,
karena diawali den gan sikap menghargai apa yang telah diraih; 2) mendorong karyawan
untuk mengemukakan ide-ide secara lebih kreatifi 3) berupaya menggali potensi yang
dimiliki dengan berpikir secara positifterhadap apa yang bisa dicapai di masa dating 4)
disamping itu pendekatan appreciative inquiryjuga memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada pcscrta untuk membuka wawasan positif§ berpikir imajinatif dan
mencari alternatif-altematif baru dalam melaksanakan perubahan; S) agar pendekatan
appreciative inquiry tersebut dapat diterapkan secara efektif diperlukan pelatihan tcrlebih
dahulu bagi para atasan, yailu pelatihan atasan sebagai coach dan pelatihan pendekatan
appreciative inquiry dalam proses coaching dan performance appraisal.

 File Digital: 1

Shelf
 T34117-Budhi Wirawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T34117
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 47 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34117 15-19-703808358 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344433
Cover