UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbedaan self regulation dalam belajar pada mahasiswa Universitas Indonesia. (Studi terhadap Mahasiswa peserta PDPT UI -II)

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Pada masa kini, informasi dan pengetahuan berkembang sedemikian
pesat sehingga menimbulkan perubahan di berbagai bidang. Untuk dapat
menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan tersebut, individu perlu
memiliki berbagai pengetahuan yang diperlukan dalam hidup. Pengetahuan
yang dimiliki bukan hanya sekadar pengetahuan sesaat, melainkan
pengetahuan yang bertahan lama., pengetahuan yang dapat dipahami dan dapat
diterapkan setiap waktu ketika dibutuhkan. Dalam upaya memperoleh
pengetahuan tersebut diperlukan kemampuan untuk mengontrol proses
perolehan. Kemampuan ini disebut sebagai self regulation. Trdapat 3
komponen penting dalam self regulation yaitu, strategi-strategi kognitif,
metakognitif dan usaha-usaha mengelola proses belajamya. Selain tiga
komponen ini diperlukan komponen lain yaitu, komponen motivasi, sebagai
komponen pendorong keberhasilan belajar (Pintrich dan Groot, 1991).
Self regulation merupakan kemampuan yang berkernbang, yang
dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosial melalui pngalaman khusus. SeK
regulation bukanlah sualu kemampuan yang terberi sejak lahir melainkan,
suatu kemampuan yang berkembang dan dipengaruhi oleh lingkungan atau
suatu pelatihan untuk memaksimalkan hasil belajar. Berdasarkan beberapa
hasil penelitian diketahui, bahwa terdapat perbedaan .se$reg-ularion dalam
belajar setelah pelatihan berlangsung, namun terdapat pula hasil yang
memperlihatkan perbedaan yang tidak signifikan.
Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan semi regulation dalam belajar
mahasiswa baik sebelum dan setelah mengikuti perkuliahan PDPT UI - II.
Selain itu, penelitian ini bertujuan ingin melihat gambaran penggunaan
strategi-strategi kognitif dan metakognitif pada mahasiswa baik sebelum
maupun setelah mengikuti perkuliahan. Subyek penelitian adalah mahasiswa
enam fakultas yang mengikuti perkuliahan PDPT UI - II pada tahun ajamn
2003/2004 dan berusia antara 17 - 20 tahun sejumlah 218 mahasiswa.
Instrumen pengukuran yang digunakan adalah Motivated Strategies of
Learning Quesionnare yang dibuat oleh Pintrich dan Groot (1990) yang telah
diadaptasi oleh Pudjiati (2002) dalam bahasa Indonesia.
Hasil penelitian memperlihatkan, bahwa terdapat perbedaan self
regulation dalam belajar pada setiap kelompok mahasiswa setelah pelatihan
PDPT UI - II berlangsung. Dalam penggunaan strategi-strategi, sebagian besar
kelompok subyek lebih sering menggunakan strategi-strategi kognitif daripada
strategl-strategm metakognitif. Dari hasil tambahan diketahui, terdapat pengaruh
komponen motivasi secara signifikan terhadap sefregulation dalam belajar,
kecuali pada kelompok Fakultas Teknik. Nilai-nilai intrinsik (intrinsic values)
rnerupakan komponen motivasi yang memberikan pengaruh secara signiflkan
terhadap semi regulation dalam belajar pada semua kelompok mahasiswa. Test
anxiety (TA) tidak berpengaruh terhadap seMreg-ularion dalam belajar
mahasiswa.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Tan Yulie.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38373
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx, 119 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38373 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344598
Cover