Penelltian lni dimaksudkan untuk menemukan adanya hubungan
antara religious commitment dengan perilaku kepemimpinan
lransfomlaslonal yang memliki 4 aspek, yaltu 2 charismatic, intellectual
stimulating, inspirational leadership, dan individualized consideration serta
untuk menemukan hubungan antara masa kerja pemimpin dengan perilaku
kepemimpinan transformasional.
Penelitlan dllaksanakan pada perusahaan yang memiliki persyaratan
yang sesuai dengan penelitian ini, yaitu perusahaan yang diperkirakan
memliki kepemimplnan transformasional baik pada level puncak maupun
level middle. Perusahaan tersebut juga haruslah perusahaan yang memlliki
dinamika dan mobilitas tinggi demi mengantisipasi perubahan. Perusahaan
yang dipilih adalah RCTI. Dipillh perusahaan broadcasting karena dinilai
dunia broadcast adalah dunia industri telekomunikasi yang hams bergerak
cepat mengikuti arus dan dinamika perubahan dan tentunya harus memiliki
pemimpin yang adaptlf, reformis, dan transformasional untuk menglmbangi
dinamika dan perubahan yang bergerak sangat cepat.
Data dllcumpulkan melalui kuesioner MLQ 5X R dari Bass yang
kemudian diterjemankan ke dalam Bahasa Indonesia serta melalui
kuesioner religiusitas Glock dan Stark yang juga diterjemahkan ke dalam
Bahasa Indonesia dan dimodifikasi oleh peneliti. Kedua instrumen tersebut
juga sudah melalui uji reliabilitas test. Data yang terkumpul dianalisis
dengan mempergunakan tellnik anareg linier sederhana, anareg dua
predictor serta product moment pearson.
Melalui pengujian statistik diperoleh hasil-hasil penelitian bahwa ada
hubungan signfikan antara religious commitment dengan kepemimpinan
transformasional,‘r = .391, tidak ada hubungan slgnifikan antara masa kerja
(pemimpin) dengan kepemimpinan transformasional, r = -.157. Hasil-hasil
tersebut secara otomatis membulctikan bahwa kedua variabel -bebas dalam
penelitian ini tidak dapat secara serempak memprediksi besar variabel
terikat kepemimpinan transformasional.