UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Program pencegahan merokok untuk remaja

Tino Leonardi; Cicilia Yeti Prawasti, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Kesehaian tidak dapat dipungkiri lagi merupakan faktor dasar yang peranannya sangat signifikan dalam mendukung aktivitas manusia untuk mernenuhi kehutuhan hiclupnya. Banyak fakta menunjukkan bahwa menurunnya kualitas kesehatan suatu masyarakat secara tidak langsung juga menyebabkan turunnya kualitas kesejahteraan hidup masyarakat. Salah saiu penyebab turunnya kualitas kesehaian Seseorang adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup ini menjadi faktor resiko yang memicu timbulnya penyakit degeneratif Penyakit yang akhir-akhir ini telah menjadi ancaman yang tak kalah mengerikan jika dibandingkan penyakit yang disebabkan mikroorganisme. Salah sam falclor resiko yang susah sekali dihilangkan adalah dari merokok. Merokok telah menjadi ancaman lalan karena usia seseorang mulai merokok saat ini semakin dini.
Perilaku tidak sehat yang dilakukan pada masa remaja mengancam kesempumaan pertumbuhan organ tubuh. Banyak penelitian menunjukkan bahwa seseorang merokok seringkali disebabkan oleh tekanan lingkungan (Saraiino, 1994). Kenyataan tersebut membawa kepada sualu kesimpulan bahwa rernaja harus dibekali dengan pengetahuan dan keterarnpilan yang memadai agar terbentuk sikap dan penlaku yang anti rokok.
Program pendidikan yang disusun untuk tugas akhir ini adalah program pencegahan merokok dengan pendekatan peer education. Pendekatan ini digunakan karena remaja oenderung lebih suka memperoleh inforrnasi dari sebayanya Remaja juga cenderung lebih terbuka kepada sebaya dalam mengungkapkan masalah-masalahnya Materi untuk program disusun berdasarkan peranan faktor psikososial yang ternyata cukup kuat memicu seseorang untuk merokok. Oleh karena itu, selain materi tentang bahaya merokok, materi tentang berkomunikasi secara asertif juga disertakan sebagai salah satu materi utama.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Tino Leonardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38395
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 59 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38395 15-19-985357783 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344613
Cover