UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi Program Pengenalan Islam yang Diterapkan pada Anak Usia 3-6 Tahun dengan Metode Homeschooling

Uji Arum Ismartini; Linda Primana, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Homeschooling merupakan metode pengajaran yang baru di Indonesia.
Dalam Homeschooling, anak disekolahkan di rumah dengan orangtua ataupun
mendatangkan tutor ke rumah. Lembaga Pendidikan L (LPL) merupakan lembaga
yang menerapkan metode Homeschooling di Indonesia dengan mendatangkan
tutor ke rumah. Dengan metode ini, LPL telah membantu sebagian orangtua
mengenai pendidikan anaknya.
Salah satu program yang ditawarkan LPL aclalah Program Pengenalanr
Islam (PPI). PPI menawarkan pengajaran Agama Islam dengan metode yang
berbeda dari metode yang diterapkan di sekolah. Pendekatannya yang individual
membual anak mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman batiniah yang
seharusnya mereka peroleh saat mempelajari Agama Islam. Namun, PPI sebagai
program yang barn tidaklah lepas dari kekurangan, dan oleh karenanya dilakukan
evaluasi ini.
Evaluasi ini dilakukan dengan meninjau sasaran pembelajaran PPI dari
tiga teori pendidikan, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget, Teori
Perkembangan Moral Kohlberg, dan Taksonomi Afektif Krathwohl. Sebagai
tambahan peneliti juga berusaha memperbajki format modul PPI sehingga sesuai
dengan format modul standar. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah
untuk memberi masukan pada PPI LPL yang sudah ada sehingga terdapat
kesesuaian antara kondisi belajar yang diciptakan dengan kondisi yang
diharapkan.
Setelah melalui analisis mcndalam terhadap PPI, terdapat beberapa usulan
perbaikan dari aspek format modul, dan sasaran pembelajaran dari setiap
pertemuan. Umumnya, sasaran pembelajaran tcrsebut kurang sesuai dcngan teori
perkernbangan kognitif Piaget, perkembangan moral Kohlberg, dan taksonorni
Kralhwol. Saran-saran yang diberikan terhadap sasaran pembelajaran merupakan
penyelesaian sasaran pernbelajaran terhadap tahap perkembangan anak usia 3-6
tahun.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Uji Arum Ismartini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 130 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-59857562 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344624
Cover