UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Upaya mengembangkan perilaku bertanam kopi melalui edukasi dan pemberian informasi: intervensi sosial pada masyarakat eks perambah hutan di Hulu Sungai Citarum Kabupaten Bandung

Dhana; Mochamad Enoch Markum, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penelitian ini ingin menggambarkan penerapan teori Disonansi Kognitif dari Festinger (1957) terhadap upaya mengembangkan perilaku bertanam kopi melalui edukasi dan informasi pada masyarakat perambah hutan.
Penelitian ini merupakan kegiatan tindakan intervensi awal dalam pendekatan psikologi social, tindakan-tindakan intervensi lain sudah dilakukan sepern pemberian pelatihan keterampilan dalam rangka alih profesi. Sasaran intervensi adalah masyarakat eks perambah Hutan yang menggarap lahan petak 73 sebagai change target. Strategi intervensi yang digunakan dalam program intervensi ini adalah dua teknik yang dikombinasikan yaitu edukasi dan pemberian informasi.
Dari kegiatan intcrvcnsi yang dilakukan menghasilkan bahwa telah berkembangnya pemahaman yang mengindikasikan terjadinya persepsi baru terhadap bertanam kopi. Dari teori Disonansi kognitif dalam program intervensi ditemukan bahwa perubahan perilaku dari bertani tumpangsari kepada bertanam kopi memang sesuatu yang sulit tapi disadari rnerupakan sesuatu yang harus diterima sebagai sebuah pilihan, namun demikian dengan adanya pemberian informasi dan pengetahuan tentang cara pemeliharaan tanaman kopi timbul rasa optimisme dan mempunyai harapan besar terhadap masa depan dalam benanam kopi ini.

 File Digital: 1

Shelf
 T34143-Dhana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA34143
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 97 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA34143 16-22-11902279 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344672
Cover