[
ABSTRAKPT_Imam Agung Seiya (IAS) rnerupakan perusahaan padat karya yang bergerak
di bidang Building Service, dimana sebagian besar lcaryawannya adalah para
cleaning sen/ice, Oillce Boy, Gardener, Security, Operator kantin dimana pada
tahun 2006 telah mengalami peningkatan pertumbuhan yang cukup signifikan dan
telah pula terjadi perubahan kepemilikan sahamnya yaitu 60% adalah milik
karyawan dan 40% adalah masih pemegang saham lama
Bila dianalisis dengan seksama, permasalahan yang terjadi adalah
kompetensi SDM yang ada sebagian besar masih rendah dan memang belum ada
depanemcn HR yang linkage dengan kebutuhan bisnis perusahaan _ Di PT.IAS
baru ada fungsi SDM saja yang sifat dan alur kerjanya bersifat situasional sesuai pcrkcmbangan lcegiatan perusahaan saat itu saja_ Belum adanya departemen I-IR yang memililci fokus model atau fokus sistem berdampak kepada tidak terarahnya kegialan dan proses pembelajaran yang tidak maksimal dan tidak terfokus. Intervensi yang dilakukan pada tingkat organisasi adalah segera
melakukan revisiting Corporate Strategy, penetapan visi, misl dan goals
pemsahaan, restrulclurisasi organisasi dan pembentukan departemen HR yng
memilih fokus model CBHLRM / Competency Based Human Resources
Management. Pada tahapan awal dari action yang dilakukan deparremen HR
adalah pada bagian Training and Development. Pada tinglcat kelornpok adalah
difokuskan pada tim perubahan (change agenU, Sedangkan pada tingkat individu
dilalcukan intervensi untuk meningkatkan motivasi belajar, bekerja, berkarya dan
berprestasi serta motivasi untuk berbagi pengetahuan untuk meningkatkan
kompctensi dan kinerja. Ditinjau dari strategy map, intervensi psikologi ini berada pada persfelctif learning and Growth. Tujuan intervensi ini adalah untuk mengubah keadaan dari SDM yang kompetensinya masih rendah ke kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan, dari bclum adanya departemen I-IR yang resmi menjadi adanya departemen IIR yang memiliki fokus model atau fokus sistem CBI-IRM dengan
penekanan awal dan utama yaitu fokus pada kegiatan Learning and Development
dengan melakukan pembahan pada tingkat organisasi, kelompok dan individu.
Sehingga diharapkan akan tetjadi peningkatan lcompetensi dan peningkatan peran
HR Departemen sebagai katalisator penggerak dan pemeroepat proses
pembelajaran yang berdampak pada perbaikan operation management pada
internal proses perspective serta customer perspective yang semakin bagus. Dan
memberikan dampak pada peningkatan share holder value organisasi.
ABSTRACTPT. Imam Agung Setya is an outsourcing company for janitors, office boys.
gardeners, security and canteen operators. This company has significant
inprovement and progressive changes, especially in shareholders ownership which
is 60% owned by all employees and 40% owned by previous owners.
The major problems of this company are related to human resources
management impacted to all problems especially the unexisting HRD Department
which have roles and responsibles in improving staff competencies in general.
This unexisting HRD Department should be developed so PT. Imam Agung Serya
has better system and model on howto improve the staff competencies.
To improve the major problems, some _intervensions should be made in all
levels. In organizational levels PT. IAS should revisit corporate strategy, vision, mission and company goals and organimtional restructuring and building HRD development. The intervention in group level especially in supervisory level
should pass the fit and proper test. In the individual level the intervention should be made by improving motivation, knowledge sharing and competencies.
All intervensions mentioned above are inthe learning and growth position
based on Strategy Maps by Kaplan. The objectives of all intervensions are to
improve the low competencies to the better one. All recommendation on this
writing focused on learning and development for organizational, gonrp and
individual levels.
, PT. Imam Agung Setya is an outsourcing company for janitors, office boys.
gardeners, security and canteen operators. This company has significant
inprovement and progressive changes, especially in shareholders ownership which
is 60% owned by all employees and 40% owned by previous owners.
The major problems of this company are related to human resources
management impacted to all problems especially the unexisting HRD Department
which have roles and responsibles in improving staff competencies in general.
This unexisting HRD Department should be developed so PT. Imam Agung Serya
has better system and model on howto improve the staff competencies.
To improve the major problems, some _intervensions should be made in all
levels. In organizational levels PT. IAS should revisit corporate strategy, vision,
mission and company goals and organimtional restructuring and building I-IRD
development. The intervention in group level especially in supervisory level
should pass the fit and proper test. In the individual level the intervention should
be made by improving motivation, knowledge sharing and competencies.
All intervensions mentioned above are inthe learning and growth position
based on Strategy Maps by Kaplan. The objectives of all intervensions are to
improve the low competencies to the better one. All recommendation on this
writing focused on learning and development for organizational, gonrp and
individual levels.
]