UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis ketentuan-ketentuan terkait penerimaan hibah Pemerintah Pusat = Analysis of regulations of government grant revenue

Syarief Muhammad; Dwi Martani, supervisorDwi Setiawan, examiner; Emil Bachtiar, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai ketentuan-ketentuan terkait penerimaan hibah yang tertuang dalam undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan menteri. Penerimaan hibah terhadap total pendapatan negara dan hibah tidak terlalu signifikan. Namun demikian, tetap perlu dikelola dengan cermat, untuk dapat mewujudkan pengelolaan yang lebih tertib, akuntabel dan transparan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain analisa deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa masih ada ketentuan yang masih harus diperbaiki. Laporan atas penerimaan dana hibah dan pengeluarannya telah lebih transparan dan akuntabel, hal ini dilihat dari hampir sebagian besar data hibah pada periode 2006 sampai dengan 2010 yang belum dilaporkan dalam LKPP telah dapat dijelaskan dengan trend peningkatan data hibah yang teridentifikasi setiap periode pelaporan.

The focus of this study is regulations of government grant revenue in Indonesia described in statute, regulations issued by government and regulations issued by ministry. Grants receipt is not significant compare to total revenue, still it requires a good administration in order to realize a more organized, accountable and transparent management. This research is qualitative descriptive interpretive. The result shows that government grant regulations should improve some term and policy in grant. Report shows that grant revenue and disbursement had identified the unreported grant in central government financial statement during fiscal year 2006 to 2010.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T34649
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 82 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34649 15-19-618117397 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20344924
Cover