UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Appreciative inquiry sebagai model penunjang untuk mengikatkan efektifitas coaching dan proses performance appraisal di perusahaan

Budhi Wirawan; Eddie Cahyono Putro, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Tugas akhir ini berfokus pada bagaimana menggunakan pendekatan appreciarive inquiry
dalam coaching dan performance appraisal khususnya diterapkan pada program
pcrsiapan kader kepemimpinan yang terpadu pada PT X.
Permasalahan yang hendak dikaji adalah kurang tepatnya program mentoring yang
selama ini dilaksanakan oleh PT X, sehingga perlu usulan perbaikan dengan melakukan
modifikasi atas program mentoring , menjadi program coaching dalam proscs pcrsiapan
kadcr kepemimpinan terpadu guna mempersiapkan calon-calon pemimpin unit kerja
pemsahaan di masa yang akan datang. Penggantian tersebut diperlukan mengingat dalam
program mentoring fokus utamanya adalah bukan padaperjbrmance karyawan, namun
lebih kepada adanya transfer nilai-nilai dari seorang mentor kepada mentee. Program
menroringjuga lebih bersifat tanpa agenda yang terstruktur. Sedangkan apa yang hendak
diterapkan oleh PT X adalah adanya fokus padapeqkrrmance karyawan dengan
menggunakan agenda tertentu. Dengan demikian program coaching akan Iebih tepat
untuk ditcrapkan.
Selanjutnya, tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan usulan bahwa coaching dan
pergknrmance appraisal yang diterapkan akan lebih efektif bila menggunakan pendekatan
appreciative inquiry _ Beberapa keunggulan pendekatan appreciative inquiry ini adalah :
I) merangsang adanya komunikasi secara Iebih terbuka antara atasan dengan karyawan,
karena diawali dengan sikap menghargai apa yang telah diraih; 2) mendorong karyawan
untuk mengemukakan ide-ide secara lebih kreatifi 3) berupaya menggali potensi yang
dimiliki dengan berpikir secara positif terhadap apa yang bisa dicapai di masa dating 4)
disamping itu pcndckatan appreciative inquiryjuga memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada peserta untuk membuka wawasan positii berpikir imajinatif dan
mencari alternatif-altematif baru dalam mélaksanakan perubahan; 5) agar pendekatan
appreciative inquiry tersebut dapat diterapkan secara efektif diperlukan pelatihan terlebih
dahulu bagi para atasan, yaitu pelatihan atasan sebagai coach dan pelatihan pendekatan
appreciative inquiry dalam proses coaching dan perjormance appraisal.

 File Digital: 1

Shelf
 T34194-Budhi Wirawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T34194
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 48 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34194 15-19-479387562 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345010
Cover