UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan activity based management berbasis continuous improvement atas siklus pengajuan surat tanda nomor kendaraan pada PT X tahun 2012-2013 = Implementation of activity based management with continuous improvement basis for Police registration number cycle at PT X in year 2012-2013 / William Soenandar

William Soenandar; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Gede Harja Wasistha, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah aktivitas-aktivitas dalam proses pengajuan STNK telah efisien, menganalisis penyebab inefisiensi dalam proses pengajuan STNK, memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi lead time STNK, serta memberikan gambaran atas perbaikan lead time STNK setelah perusahaan menerapkan usulan perbaikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada Cabang W di PT X. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung atas proses pengajuan STNK yang terjadi di cabang untuk melihat keseluruhan aktivitas yang dilakukan saat ini. Untuk menemukan akar masalah, metode yang digunakan adalah dengan metode tulang ikan. Perbaikan-perbaikan yang disarankan mengikuti prinsip-prinsip dari Activity Based Management dan Time Based Competition.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih adanya inefisiensi dalam
proses pengajuan STNK. Inefisiensi terjadi karena adanya waktu tunggu dalam proses pengajuan STNK. Saran perbaikan yang dapat diberikan kepada PT X adalah mengupayakan untuk mengeliminasi semua waktu tunggu yang ada dalam proses pengajuan STNK. Setelah menerapkan perbaikan, terlihat ada perbaikan dalam total waktu pengajuan STNK yang dicapai perusahaan. Meskipun sudah ada perbaikan, cabang belum berhasil mencapai target baru yang ditetapkan setelah adanya penelitian ini. Hal ini mendorong cabang untuk kembali melakukan perbaikan dalam rangka mempercepat proses STNK.

ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze whether the activities in STNK application has been efficient or not, analyze the source cause of the inefficiency, give some suggestions in order to reduce the lead time of STNK application, and give a whole picture about lead time if organization implement the recommendation.
This research is a case study in a company named PT X. More specifically,
this research takes place in one of the company's branch. The method used in this research is a direct observation about the STNK application process that happened at branch. In order to find out the root causes of the problem, the method used is fishbone method. The improvements proposal here is made with the principles of activity based management and time based accounting.
The conclusion of the research is that there is an inefficiency in STNK
application process at branch W. This inefficiency occured because there is waiting time in the application process. This research try to suggest PT X to eliminate all kind of waiting time that occured in the STNK application process. After the improvements have been applied at the branch, there is a reduction in total lead time, but still can't achieve the new target. This condition encourage the branch to make another improvement in order to reduce the lead time further.

 File Digital: 1

Shelf
 T34667-William Soenandar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T34667
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 71 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34667 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345024
Cover