Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab keterlambatan penerbitan laporan keuangan dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mencapai real time accounting di Departemen Akuntansi PT X. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan estimasi perbaikan atas waktu tutup buku apabila PT X menerapkan real time accounting.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada Departemen Akuntansi PT X. Penelitian ini melakukan analisis terhadap proses tutup buku. Proses tutup buku dibagi ke dalam empat proses, yaitu cash closing process, inventory closing process, billing closing process, dan final closing process. Penelitian ini menggunakan konsep activity based management dengan membagi aktivitas tutup buku ke dalam empat kuadran, yaitu value added, non value added, essential, dan non essential activities. Penelitian ini juga melakukan in depth interview kepada Departemen Akuntansi dan departemen terkait lainnya untuk mengidentiflkasi penyebab keterlambatan laporan keuangan. Setelah itu, penelitian ini akan memberikan rekomendasi perbaikan dan menilai perbaikan waktu yang dicapai setelah perusahaan menerapkan rekomendasi yang diberikan.
Dari seluruh penyebab keterlambatan, penyebab keterlambatan yang paling signifikan adalah pengiriman produk yang dilakukan setelah tanggal tutup buku dan tidak adanya automatisasi proses penyusunan laporan keuangan. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk mengurangi keterlambatan penerbitan laporan keuangan adalah larangan pengiriman produk setelah tanggal tutup buku dan implementasi SAP. Implementasi perbaikan telah dilakukan pada periode Maret dan April 2013. Akan tetapi, untuk penerapan SAP belum dapat dilakukan pada periode Maret dan April 2013. Perbaikan proses penerbitan laporan keuangan untuk periode Maret dan April menjadi 17 hari kerja. Estimasi waktu untuk proses penerbitan laporan keuangan adalah 5 hari kerja apabila PT X telah menerapkan SAP.
The purpose of this research is to find out the cause of the delay in the issuance of financial reports and provide recommendations for improvements to achieve a real time accounting in Accounting Department PT X. This research provides an estimate of the improvement closing time when PT X implements real time accounting.
This research uses a case study in the Accounting Department of PT X. First, this research reviews a closing process. The closing process divide into four processes, i.e. cash closing process, inventory closing process, billing closing process, and final closing process. Second, this research uses the concept of activity based management by dividing closing activities into four quadrants, i.e. value added, non value added, essential and non-essential activities. Third, this research does in depth interview to the Accounting Department and other relevant departments to identify the root cause of the delay in financial reports. Last, this research gives the recommendation and compares the closing time before and after doing this research.
From all of the root cause, the most significant root causes is shipping the product after the closing date and the absence of the automation process of the preparation of the financial statements. The recommendations to reduce the delay in the issuance of financial statements are prohibit the shipment after the closing date and implementation of SAP. The implementation of recommendation does in March and April 2013, except for SAP implementation. The process of publishing financial reports in March and April 2013 is in 17 working days. The estimation process of publishing financial reports to be 5 working days after implementing the SAP.