UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Keberadaan larva aedes aegypti dicontainer di dalam rumah di Kelurahan Cempaka Putih Timur dan Keluarahan Cempaka Putih Barat = Existance of aedes aegypt ilarvae in containers in the houses at kelurahan Cempaka Putih Timur and Cempaka Putih Barat

Rido Prama Eled; Mulyati, supervisor; Mulyati, examiner; Sungkar, Saleha, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Untuk Menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di suatu wilayah dengan efektif, maka dibutuhkan data tentang keberadaan vektor pembawanya.Oleh karena itu, perlu diadakannya penelitian tentang keberadaan vektor pembawa penyakit DBD di wilayah tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui keberadaan larva Aedes aegypti yang berada yang berada di dalam rumah di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur dan Kelurahan Cempaka Putih Barat serta membandingkan keberadaan larva Aedes aegypti pada kedua wilayah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional (potong lintang). Pengambilan data dilakukan pada hari Minggu, tanggal 28 Maret 2010 dengan memeriksa setiap container yang ada pada 100 rumah yang berada di wilayah RW 07 Kelurahan Cempaka Putih Timur dan RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Barat. Pemilihan 100 rumah tersebut dilakukan dengan metode simple random sampling. Hasilnya, terdapat 23 container positif berisi larva Aedes aegypti dari 223 container yang berada di dalam rumah yang ditemukan di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur dan 15 container positif berisi larva Aedes aegypti dari 243 container yang ada di dalam rumah yang di temukan di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Barat. Pada uji chi-square di dapatkan p=0,256. Disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna keberadaan larva Aedes aegypti antara Kelurahan Cempaka Putih Timur dan Kelurahan Cempaka Putih Barat.

Reductionof disease Dengue Hemorrhagic Fever(DHF) in a region requires the presence of vector data. Therefore it is necessary to study the existence of dengue vector in the region. This study aims to determine the presence of Aedes aegypti larvae inside the house in Kelurahan Cempaka Putih Timur and Kelurahan Cempaka Putih Barat and comparing the presence of Aedes aegypti larvae in both regions. This study uses cross-sectional method. Data is collected on March 28, 2010 by checking every container that exist in each of the100 homes in the area of RW07 Kelurahan Cempaka Putih Timur and RW03 Kelurahan Cempaka Putih Barat. 100 houses were selected by simple random sampling method. The results,obtained 23 larvae ofAedes aegypti positive containersof 223containers inside the houses were foundin Kelurahan Cempaka Putih Timurarea and 15 larvae of Aedes aegypti positive containers of 243 containers in the houses are found in areas Kelurahan Cempaka Putih Barat. In the chi-square test p=0.256 in getting. Concluded that there was no significant difference in the presence of Aedes aegypti larvae between Cempaka Putih Village East and Village West Cempaka Putih.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 31 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-17-013645585 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345247
Cover