Rendahnya konsumsi susu masyarakat Indonesia bila dibandingkan dengan negara Asia lainnya menjadi masalah nasional yang belum terselesaikan, hal ini berdampak pada buruknya gizi bayi di Indonesia. Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan pengkonsumsian susu dan pengetahuan dengan menggunakan metode cross sectional. Riset ini dilaksanakan di SD Pegangsaan 01 Jakarta Pusat dengan cara pengambilan sample cluster ramdom sampling. Sample yang terdiri dari 97 responden diberikan beberapa pertanyaan dalam kuestioner yang menyangkut tentang pengetahuan dan kebiasaan minum susu. Data dianalisa dengan menggunakan metoda Kolmogorov-Smirnov. Hasil riset ini menunjukan bahwa kebiasaan minum susu responden di SD baik, walaupun 90.7% responden memiliki pengetahuan yang tidak adekuat. Berdasarkan uji Kolmogorov‐Smirnov, tidak didapatkan hubungan bermakna antara kebiasaan minum susu pada anak usia sekolah dasar dengan pengetahuan. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat asosiasi antara kebiasaan minum susu pada anak usia sekolah dasar dengan pengetahuan.
Indonesia has a low consumption rate of milk compared with other Asian countries. It brings along with them a national problem that has not been resolved. This affects the poor infant nutrition in Indonesia. This research was conducted to determine the relationship between milk consumption habits and knowledge. This research uses cross-sectional method. This research was performing at SD Pegangsaan 01 Central Jakarta in 17th January 2011. Sample consisted of 97 respondents obtained by cluster random sampling method. Questionnaire as the data source were being given to know the knowledge and also the milk consumption habit. Data analyzed by Kolmogorov-Smirnov. The results of this research showed that the milk consumption habit among these respondents is good because all of them consuming milk (100%), however 90.7% of respondents still had inadequate knowledge. The evidence of this research demonstrates no significant result between drinking milk at the primary school age children with knowledge. Therefore this finding suggests there are no association between milk consumption habit and the knowledge of the children.