UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbedaan time-perspective antara remaja laki-laki di lembaga pemasyarakatan dengan di luar lembaga pemasyarakatan = Comparing time-perspective between male adolescents in correctional facility and outside correctional facility

Noori Lukman Pradipto; Turnip, Sherly Saragih, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Remaja merupakan tahapan perkembangan dimana individu mengeksplorasi banyak hal untuk menemukan identitas diri. Eksplorasi terhadap banyak hal terkadang mengarahkan kepada perilaku beresiko negatif yang berujung pada perilaku kekerasan bahkan sampai melanggar hukum dan masuk lembaga pemasyarakatan. Banyak pelaku yang melakukan perilaku beresiko hingga pelaku kekerasan adalah laki-laki. Salah satu faktor yang berhubungan dengan perilaku beresiko adalah time-perspective.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan time-perspective antara remaja di lembaga pemasyarakatan dengan di luar lembaga pemasyarakatan. Tiga dimensi diukur dalam alat ukur Zimbardo time-perspective short-form, yaitu futuristic, present-hedonistic, present-fatalistic. Pengambilan data dilakukan pada sampel remaja laki-laki di lembaga pemasyarakatan Tangerang (N = 128) dan remaja yang menempuh pendidikan di sekolah berakreditasi "B" (N = 183). Analisis data dilakukan dengan independent sampel t-test.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan dalam dimensi present-hedonistic, present-fatalistic, dan skala present-oriented antara remaja di lapas dengan di luar lembaga pemasyarakatan. Namun, tidak ada perbedaan futuristic yang signifikan antara remaja di lapas dengan di luar lembaga pemasyarakatan.

Adolescence is a developmental stage where people starts to explore different things to find one self-identity. The exploration may lead to negative risk-behaviors that often end in violent behaviors and violation of law. Those who involved in negative risk behaviors and committed violent behaviors are mostly men. One factor that correlates with risk behavior is time-perspective.
This research focused on investigating the significant difference in time perspective between male adolescents who lived in a correctional facility and outside correctional facility. Three dimensions that measured in Zimbardo Time-Perspective Short Form were present-hedonistic, futuristic, and present-fatalistic. The participants from a correctional facility was 128 and from community was 183. Data were analyzed with independent sample t-test.
The results showed significant differences of present-hedonistic, present-fatalistic, present-oriented between male adolescents in correctional facility and outside correctional facility. But, there was no significant difference of futuristic between male adolescent in correctional facility and outside correctional facility.

 File Digital: 1

Shelf
 S46529-noori_lukman_pradipto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S46529
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 59 hlm. : 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46529 14-23-88427707 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345491
Cover