UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi kelayakan pembangunan terminal kontainer privat oleh perusahaan otomotif = Feasibility study of private container terminal construction by automobile manufacturer

Rifki Ananda Ferdian; Rahmat Nurcahyo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Produksi mobil PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pertumbuhan produksi ini diikuti oleh bertambahnya jumlah part yang harus diimpor mengingat tidak semua part dari semua tipe kendaraan dapat dibuat sendiri atau dibeli dari penyuplai domestik. Persaingan yang semakin ketat menuntut PT TMMIN untuk tetap menjaga profitabilitasnya dengan cara menekan biaya. Salah satu strategi untuk menekan biaya adalah dengan membangun terminal kontainer miliki sendiri, di dekat pabrik perakitan di Karawang. Pembangunan ini diharapkan dapat mengurangi biaya pengiriman part impor. Hingga saat, ini PT TMMIN masih menggunakan jasa terminal kontainer di Cakung, Jakarta Timur. Oleh karena itu, studi kelayakan terhadap proyek ini perlu dilakukan.
Studi ini mencakup aspek pasar, teknis, dan diakhiri dengan aspek ekonomi untuk mengetahui tingkat kelayakan investasi ini. Kriteria-kriteria investasi yang digunakan antara lain net present value, internal rate of return, indeks profitabilitas, dan periode pengembalian. Dari penelitian ini dinyatakan bahwa investasi ini layak untuk dijalankan disertai dengan analisis sensitivitas parameter-parameter yang dapat mengubah keputusan investasi.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) production raises significantly. This increases import parts volume for cars assembly. Meanwhile, the competitive atmosphere forces PT TMMIN to cut down all kinds of costs in order to keep the corporate profitability while keeping the market share. One of the strategies is constructing a private container yard in Karawang that is closed to the plant. The construction project is aimed to reduce the unit cost for long-term. Until now, PT TMMIN is still using terminal service in Cakung, East Jakarta. Therefore, this feasibility study is very important for decision making.
This study includes market aspects, technical, and economy. The investment criteria used in this study are net present value, internal rate of return, profitability index, and payback period. The result of this study shows that this investment is feasible. The sensitivity of variables which may affect the decision are analyzed.

 File Digital: 1

Shelf
 S47612-Rifki Ananda Ferdian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S47612
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 63 hlm. : il. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47612 14-23-14577467 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20345887
Cover