UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis penilaian risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada proses produksi spin pack di PT BAF tahun 2013 = Occupational safety and health risk assessment analysis in spin pack process production at PT BAF 2013

Ahmad Syakir Azhikri R.; (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian mengenai analisis penilaian risiko keselamatan dan kesehatan kerja di PT BAF tahun 2013 dilakukan karena ditemukan berbagai bahaya dan risiko pada pekerja di bagian proses produksi spin pack. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerja di bagian proses produksi spin pack. Penelitian ini menggunakan metode analisis semi kuantitatif yang mengacu pada standar AS/NZS 4360:2004 dan tabel risiko Fine. Besaran risiko didapatkan dari perkalian tiga aspek yaitu konsekuensi, pajanan dan kemungkinan.
Hasil telitian menunjukkan bahwa pada basic risk terdapat 6 aktivitas yang termasuk dalam level very high. Pada existing risk, terdapat 2 aktivitas dengan risiko tinggi yang termasuk dalam level priority 1, yaitu pada proses pencetakan dan proses pressing produk yang menggunakan mesin press. Dalam penelitian ini juga diberikan predictive risk dengan rekomendasi pengendalian, sehingga risiko-risiko yang ada dapat diturunkan sampai pada level acceptable.

Research about analysis occupational safety and health risk assessment at PT BAF in 2013 was done due to a variety of hazards and risks found in workers at the production process of the spin pack. This study aims to determine the safety and health risks of workers at the spin pack process production. This study uses a semi-quantitative analysis refers to the AS/NZS 4360:2004 standard and Fine’s risk tables. The level of risk is obtained from the multiplication of the three aspects, the consequences, exposure and probability.
The results showed, that in basic risk, there are 6 activities that categorized as very high. In the existing risk, there are two high-risk activities that categorized as level priority 1, those are the production process and the pressing process by using a pressing machine. In this study a predictive risk with control recommendations are also provided. Therefore the risks can be reduced to the acceptable category.

 File Digital: 1

Shelf
 S47543-ahmad_syakir_azhikri_r.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S47543
Entri utama-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 121 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47543 14-22-01778091 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346017
Cover