UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kecepatan drillstring dan rheology aliran pada tekanan surging = Effects of drillstring velocity and rheology on surging pressure

Kevin; Warjito, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Perubahan tekanan akibat surging dan swabbing disebabkan oleh proses tripping drillstring pada wellbore. Perubahan tekanan tersebut menyebabkan berbagai masalah pada proses pengeboran. Masalah utama adalah terjadinya kick yang menghasilkan kerugian ekonomi sangat besar. Faktor yang mempengaruhi tekanan surging dan swabbing adalah properties fluida dan parameter pengeboran. Penelitian ini membahas pengaruh dari kecepatan tripping dan rheology aliran pada sampel fluida berupa campuran bentonite dan air dengan beberapa komposisi. Hasil pengukuran yang didapat dibandingkan dengan model yang sesuai dengan rheology aliran tersebut.

The changing pressure due to surging and swabbing is caused by the tripping drillstring process in wellbore. The changing of pressure leads to several issues in drilling process, with the main issue is to generate “kick” which leads to huge economic losses. The main factors effecting the surging and swabbing are the fluid properties and drilling parameters. This experiment (Final Project) investigates the effect of the tripping velocity and the rheology in the fluid sample, which is mixed by bentonite and water. The experimental results are compared with the respective model of the rheology.

 File Digital: 1

Shelf
 S52546-Kevin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S52546
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 75 hlm. : il., ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52546 14-23-15869815 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346193
Cover