UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara pelayanan kesehatan dan faktor lainnya dengan kepatuhan diet dm pada anggota persadia penyandang DM tipe 2 di Depok tahun 2013 = Association between health services and other factors with dietary adherence in the type 2 diabetes member of persadia Depok in 2013

Dina Fitriani Haque; Kusharisupeni Djokosujono, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini membahas hubungan antara faktor pelayanan kesehatan dan faktor lainnya dengan kepatuhan menjalankan diet DM pada anggota Persadia penyandang DM tipe 2 di wilayah Depok Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan tingkat pengontrolan penyandang DM di daerah Depok yang masih tergolong buruk, sehingga kepatuhan menjalankan diet sebagai salah satu cara penanganan diabetes perlu diteliti.
Penelitian ini menggunakan disain cross sectional dengan melibatkan 90 anggota Persadia penyandang DM tipe 2 di wilayah depok yang didapat dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner form food recall 24 jam dan kuesioner daftar makananan yang tidak dianjurkan serta pengukuran antropometri.
Kunjungan konsultasi gizi merupakan satu satunya variabel yang memiliki hubungan dengan kepatuhan menjalankan diet DM. Responden yang memilliki kunjungan konsultasi gizi teratur memiliki peluang 4 534 kali lebih patuh mengikuti rekomendasi diet dibandingkan responden dengan kunjungan konsultasi gizi tidak teratur.
Disarankan adanya peran aktif penyandang DM tipe 2 keluarga Persadia Cabang Depok Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan gizi yang dilakukan oleh penyandang DM baik, itu dengan memberikan dukungan maupun menyelenggarakan kegiatan bersifat edukatif dan aplikatif untuk meningkatkan motivasi dan efikasi diri penyandang DM untuk menjalankan anjuran diet.

 File Digital: 1

Shelf
 S52737-Dina Fitriani Haque.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S52737
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx, 147 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52737 14-22-14026954 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346555
Cover