UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sintesis bentonit magnetik dengan metode presipitasi sebagai adsorben ion logam berat cd2 dan co2 = Synthesis of magnetic composites as adsorbent bentonite heavy metals cd2 and co2

Deskha Ardianto; Sihombing, Riwandi, supervisor; Ismunaryo, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Bentonit yang termodifikasi oleh oksida besi telah dilaporkan memiliki daya adsorpsi lebih tinggi dibandingkan monmorilllonit, oleh sebab itu dilakukan modifikasi bentonit dengan memvariasikan perbandingan mol oksida besi (Fe3O4) untuk mendapatkan sifat magnet yang berbeda dan daya serap yang lebih besar. Bentonit magnetik yang termodifikasi oksida besi dibuat menggunakan prekursor besi (III) dan besi (II) dengan menggunakan metode presipitasi. Bentonit magnetik dibuat Dengan memvariasikan mol Fe (III) dan Fe (II) 1:1 dan 1:2. Didapatkan bahwa BOB1211 (Bentonit Oksida Besi 1:2 dan mol Fe (III) dan Fe (II) 1:1) memiliki sifat magnet yang lebih tinggi dibandingkan BOB1212 yaitu sebesar 8,226 emu/g dan 6,383 emu/g. Pada BOB 1212 penambahan Fe (II) menurunkan sifat magnet. Sampel yang telah dibuat digunakan untuk aplikasi adsorpsi logam berat Cd2+ dan Co2+. Waktu optimum yang didapatkan untuk menyerap logam berat selama 60 menit. Adsorpsi logam Co2+ lebih besar dibandingkan adsorpsi logam Cd2+ dikarenakan pada BOB1211 terjadi pilarisasi magnetik pada interlayer monmorillonit. Didapatkan logam yang paling banyak teradsorp oleh bentonit oksida besi pada logam Co2+ dengan konsentrasi 1mM pada adsorben BOB 1211 sebanyak 92,72%. Logam Co2+ terjerap tidak hanya karena sifat keelektronegatifan yang dimiliki oleh monmorillonit tetapi juga karena sifat magnetik yang terdapat pada oksida besi yang berada pada interlayer monmorilonit. Logam Co2+ memiliki sifat paramagnetik yang memungkinkan lebih dapat ditarik oleh magnet. Sedangkan logam Cd2+ yang memiliki sifat diamagnetik tidak dapat ditarik seluruhnya oleh medan magnetik induksi yang dimiliki Bentonit Oksida Besi. Sehingga logam Co2+ lebih teradsorpsi oleh Bentonit oksida besi.

Bentonite which is modified by iron oxide precursor has been reported that has higher adsorption properties than montmorillonite. Therefore, in this study, bentonite will be modified by varying the mole ratio of iron oxide (Fe3O4) to obtain different magnetic properties and greater adsorption properties. Magnetic bentonite modified iron oxide was made using iron (III) and iron (II) by using precipitation method. Magnetic bentonite was made by varying the mole ratio of Fe(III) and Fe (II) is 1:1 and 1:2. As a result, BOB 1211 (Bentonite Iron Oxide 1:2 and The ratio mole of Fe(III) and Fe(II) 1:1) has a higher magnetic properties than BOB 1212 is 8,226 emu/g and 6,383 emu/g. BOB 1212 on the addition of Fe(II) decrease the magnetic properties. Samples which have been made are used for heavy metal adsorption applications Cd2+ and Co2+. The optimum time to absorb heavy metals was 60 minutes. Metal adsorption Co2+ was greater than Cd2+ because on BOB 1211 occurred magnetic pilaritation of interlayer montmorillonite. The most metal absorbed by Iron Oxide Bentonite in Co2+ with 1 mM concentration on the adsorbent BOB 1211 is much as 92.72%. Co2+ adsorbed not only because of the nature of electro negativity which is owned by monmorillonit but also because of the magnetic properties of iron oxide contained in the interlayer monmorillonit. Metal Co2+ has characteristic of paramagnetic that can be withdrawn by magnets. Whereas Cd2+ metal which has a characteristic of dimagnetic can not be withdrawn entirely by the induction owned by Iron Oxide Bentonite.

 File Digital: 1

Shelf
 S52694-Deskha Ardianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S52694
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 54 pages : illustration : 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52694 S52694 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346701
Cover