UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Jenis manajemen laba dan dampak dari kontrak hutang kepemilikan manajerial dan penerapan corporate governance terhadap profitabilitas mendatang studi empiris terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia = Type of earnings management and the impact of debt contract managerial ownership and corporate governance to future profitability an empirical study of the manufacturing company listed on the indonesia stock exchange

Made Wira Mahiswara; Dahlia Sari, supervisor; Catur Sasongko, examiner; Rahfiani Khairurizka, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis manajemen laba yang akan diuji adalah manajemen laba yang bersifat efisien dan oportunistik. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh kontrak hutang, penerapan corporate governance dan kepemilikan manajerial dalam mempengaruhi diskresi manajer menggunakan akrual diskresioner terkait dengan profitabilitas mendatang. Dalam menentukan akrual diskresioner, penelitian ini menggunakan metode akrual yang dikemukakan oleh Kasznik (1999). Dengan menggunakan data panel dan analisis regresi berganda, penulis menggunakan dua model penelitian dan belum menemukan bukti yang kuat bahwa jenis manajemen laba yang digunakan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI cenderung bersifat efisien (efficient contracting). Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa kontrak hutang dan penerapan corporate governance seperti kualitas audit dan keberadaan komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan akrual diskresioner dengan profitabilitas mendatang. Akan tetapi, penelitian ini juga menemukan bukti bahwa proporsi komisaris independen dan kepemilikan manajerial dalam suatu perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara akrual diskresioner dengan profitabilitas mendatang.

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the types of earnings management of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Types of earnings management to be tested are efficient and opportunistic earnings management. This study also aimed to see the effect of the debt contract, the implementation of corporate governance and managerial ownership in influencing managers? discretion on discretionary accruals related to future profitability. In determining the discretionary accruals, this study uses the accrual method proposed by Kasznik (1999). By using panel data and multiple regression analysis, the authors use two research models and have not found strong evidence that the type of earnings management used by manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange tends to be efficient. The study also found evidence that the debt contracts and the implementation of corporate governance - audit quality and audit committee - has a significant effect on discretionary accruals relationships with future profitability. However, the study also found evidence that the proportion of independent boards and managerial ownership in a company does not have a significant effect on the relationship between discretionary accruals and future profitability.

 File Digital: 1

Shelf
 S46115-Made Wira Mahiswara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S46115
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 91 pages : illustration ; 28 cm + Appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46115 14-19-475648882 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20346810
Cover