UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis makna metafora lirik lagu Herbert Gronemeyer dalam album Mensch = The semantic analysis of metaphor in Herbert Gronemeyer?s album Mensch

Septi Prima Anggraini; Setiawati Darmojuwono, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini membahas jenis-jenis metafora yang terdapat dalam tiga lirik lagu Herbert Grönemeyer yang bertema kehilangan di album Mensch. Judul lagu yang dianalisis adalah Dort und Hier, Der Weg, dan Mensch. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan jenis metafora dalam lirik lagu album Mensch dari Herbert Grönemeyer, dilihat dari proses pembentukan metafora menurut Kurz dan proses pemahaman metafora menurut Lakoff dan Johnson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis metafora yang digunakan dalam ketiga lirik lagu dilihat dari proses pembentukannya adalah metafora kreatif, sedangkan jika dilihat dari proses pemahamannya, jenis yang terbanyak adalah metafora struktural. Ranah sumber yang terutama dipakai dalam tiga lagu ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan alam, sedangkan ranah sasaran adalah perasaan.

This research analyzes metaphors that are commonly used in the Herbert Gronemeyer's album Mensch. The titles of the songs which are analyzed are Dort und Hier, Der Weg, and Mensch with the theme "griefing". The purpose of this research is to find out the types of metaphors which are used in the lyrics of Herbert Grönemeyer's album, Mensch. According to the metaphor productivity based on Kurz's theory, the most frequently used metaphor in Dort und Hier, Der Weg, and Mensch lyrics is creative metaphor. According to metaphors understanding?s theory of Lakoff and Johnson, structural metaphor is used more often than other metaphors. The most frequently used source domain in the lyrics relates to nature, while the target domains are emotion.

 File Digital: 1

Shelf
 S46699 Septi Prima Anggraini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S46699
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 79 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S46699 14-20-180968355 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347173
Cover