UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara sumber dukungan sosial dan dimensi burnout pada Guru Sekolah Dasar inklusif di Kabupaten Bandung = Relationships between sources of social support and burnout dimensions among teachers of an inclusive Primary School in Kabupaten Bandung.

Siti Laila Kadriah; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara sumber dukungan sosial dan dimensi burnout pada guru Sekolah Dasar inklusif serta mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pada dimensi burnout jika dilihat berdasarkan demografis guru yaitu jenis kelamin, usia, status pernikahan, dan pengalaman kerja. Responden penelitian ini adalah 104 guru Sekolah Dasar inklusif di Kabupaten Bandung yang diberikan dua alat ukur yaitu Maslach Burnout Inventory, dan Sources of Social Support Questionnaires. Analisis data yang digunakan adalah Pearson correlation coefficients, dan ANOVA.
Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara sumber dukungan sosial dari kepala sekolah dan dimensi kelelahan emosi pada burnout. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan kepala sekolah yang diterima oleh guru semakin rendah guru mengalami kelelahan emosi. Juga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara sumber dukungan sosial dari rekan kerja, pasangan, dan dimensi pencapaian personal pada burnout. Akan tetapi, tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan pada burnout jika dilihat dari jenis kelamin, usia, status pernikahan, dan pengalaman kerja.

The focus of this study is about relationships between sources of social support and burnout dimensions among teachers of an inclusive primary school and to know the differences between demographic factors such as sex, age, marital status, work experience, on burnout dimensions. Participants were 104 teachers of Inclusive Primary Schools in Kabupaten Bandung were given the Maslach Burnout Inventory and Sources of Social Support Questionnaires. Pearson correlation coefficients, and ANOVA, were used for data analysis.
Result showed significant negative relationships between principal support and emotional exhaustion dimension. That means the higher principal support received by teacher, the less emotional exhaustion the teacher experienced. Also, there is significant positive relationship between colleagues support, spouses support, and personal accomplishment dimension. However, no relationships were found between dimensions of burnout and sex, age, marital status, and work experience.

 File Digital: 1

Shelf
 S47092-Siti Laila Kadriah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S47092
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 64 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47092 14-20-452820287 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347264
Cover