UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan model kesesuaian adopsi cloud misra mondal dan pengembangan kerangka kerja pemilihan tipe cloud deployment yang sesuai di institusi pemerintah menggunakan pendekatan BCOR, entropi dan topsis = Implementation of misra mondal cloud adoption suitability model and framework development for selecting cloud deployment model in government institution using BCOR, entropy and topsis approach

Ghilman Fatih; Achmad Nizar Hidayanto, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kesesuaian suatu institusi pemerintah di Indonesia dalam mengadopsi cloud computing. Pengembangan kerangka tersebut dibagi menjadi dua yaitu: 1) kerangka untuk menentukan perlu tidaknya sebuah organisasi mengadopsi cloud, dan 2) kerangka untuk menentukan tipe cloud deployment yang sesuai. Kerangka pertama dikembangkan dengan memodifikasi model Misra Mondal yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pakar di bidang adopsi cloud untuk institusi pemerintah. Kerangka kedua dikembangkan dengan menggunakan gabungan antara BCOR, Entropi dan TOPSIS, yang validasi modelnya dilakukan dengan mengirimkan kuesioner kepada pelaku TI di pemerintahan. Selain itu, sebuah studi juga dilakukan ke Dinas Komunikasi dan Informatika kota Depok untuk menguji aplikasi dari kerangka yang sudah dikembangkan.
Hasil studi kasus yang dilakukan di Dinas Kominfo kota Depok menunjukkan institusi ini sudah cocok jika melakukan adopsi cloud computing. Selain itu, hasil dari penelitian pengembangan kerangka tipe cloud deployment menunjukkan bahwa faktor yang paling dianggap penting oleh pelaku TI di pemerintah adalah keamanan data. Dan juga, tipe deployment yang paling sesuai diimplementasikan di sana adalah private cloud.

The purpose of this study is to develop framework of Indonesian government institutions' suitability in adopting cloud technology. The proposed framework comprises the following: 1) a framework for determining an organization necessity to adopt the cloud, and 2) a framework for determining the appropriate type of cloud deployment. The first framework was developed by modifying the Misra Mondal?s model, which was done by conducting interviews with experts in the areas of cloud adoption for government institutions. The second framework was developed using a combination of BCOR, Entropy and TOPSIS, in which the validation of the model was done by distributing questionnaires to the IT specialist in government institution. In addition, a study was also conducted to department of Communication and Information in Depok city to test the application of the framework that has been developed.
The results of a case study conducted in the department of Communication and Information in Depok City showed this institution is highly suitable to adopt cloud computing. In addition, the result of this study indicates that the factors considered important by most IT specialist in government institution is data protection. Moreover, private cloud is considered as the most appropriate cloud deployment model to be implemented.

 File Digital: 1

Shelf
 SPDF-Ghilman Fatih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 120 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-133682342 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348492
Cover