UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kinerja instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin Salemba tahun 2012 = Performance analysis of outpatient pharmacy in Muhammad Husni Thamrin Hospital Salemba 2012 / Duma Prapwiasih Margaretha

Duma Prapwiasih Margaretha; Suprijanto Rijadi, supervisor; Wahyu Sulistiadi, examiner; Puput Oktamianti, examiner; Mira Dachlan, examiner; Atik Heru, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar belakang: Pentingnya penilaian kinerja pada unit farmasi yang
menyumbangkan lebih dari 50% keuntungan rumah sakit merupakan suatu hal
yang sangat bermanfaat untuk digali lebih dalam. Balanced Scorecard adalah
suatu metode yang penilaian kinerja yang dapat menilai kinerja secara
komprehensif, dengan menggunakan penilaian melalui 4 perpektif yaitu
pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis internal, pelanggan dan keuangan.
Masalah Penelitian: Berdasarkan hasil identifikasi di bagian Farmasi RS MH
Thamrin Salemba, RS MH Thamrin Salemba belum melakukan proses penilaian
bagian Farmasi rawat jalan secara menyeluruh, baik dari pertumbuhan dan
pembelajaran, bisnis internal, pelanggan, serta perspektif finansial. Oleh karena
itu, penelitian yang berhubungan dengan penilaian kinerja secara komprehensif
sangatlah diperlukan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui secara garis besar
analisis aspek pertumbuhan dan pembelajaran pada sumber daya manusia, aspek
proses bisnis internal, aspek pelanggan, serta aspek kinerja keuangan di instalasi
farmasi RS MH Thamrin Salemba. Metodologi: Penelitian ini merupakan
penelitian yang dilakukan di RS MH Thamrin Salemba. Rumah sakit ini memiliki
183 tempat tidur, penelitian ini dilakukan pada instalasi farmasi rawat jalan
dengan cara deskriptif analisis dengan menggunakan data sekunder dan
menggunakan telaah tesis sebelumnya maupun data sekunder yang ada di
lapangan. Waktu pengumpulan data dimulai September sampai Desember 2012,
data diambil secara potong lintang dengan melakukan pendataan pada tahun 2008
sampai 2012. Hasil: Dari penelitian ini, didapatkan pada hasil pertumbuhan dan
pembelajaran yang dinilai dari angka turn over pegawai dapat dikatakan cukup
mendukung. Dari aspek bisnis internal, yang dinilai dari waktu tunggu pasien
terhadap obat dapat dikatakan cukup memuaskan. Dari aspek pelanggan, dinilai
dari jumlah pelanggan yang menebus resep dan analisis tesis sebelumnya terkait
kepuasan pelanggan, dapat dinilai bahwa aspek pelanggan belum berdaya
maksimal. Sehingga, aspek keuangan menunjukan profit yang belum sesuai
harapan. Kesimpulan: Dari hubungan keterkaitan antar variabel dapat dinilai
bahwa secara keseluruhan variabel SDM cukup mendukung terlaksananya proses
bisnis internal dengan baik, dengan adanya pencapaian yang sesuai dengan yang
ditargetkan. Namun, pada penilaian pelanggan, kepuasan yang didapatkan belum
maximal sehingga memicu salah satu faktor yang menyebabkan turunnya profit
pada aspek keuangan.

ABSTRACT
Background: The importance of performance evaluation in the pharmaceutical
unit that contributing more than 50% profit in hospitals is very useful to be known
deeper. Balanced Scorecard is a performance evaluation method that
comprehensively assesses performance, by using 4 perspectives, such as: learning
and growth, internal business processes, customers, and financial aspect.
Research problem: Based on the identification at the pharmaceutical unit in MH
Thamrin Hospital Salemba, the hospital has not made the performance evaluation
in outpatient pharmacy yet. So, 4 main aspects, such as learning and growth,
internal business, customer, and financial should be evaluate. Therefore, the
research related to evaluate performance comprehensively is needed. Objective:
To determine the analysis in growth and learning aspect, internal business process
aspect, customer aspect, and financial performance in hospital pharmacy Salemba
MH Thamrin. Methodology: This research was conducted in RS MH Thamrin
Salemba. The hospital has 183 beds. The research conducted at the outpatient
pharmacy using a descriptive analytic explanation by using secondary data from
the previous thesis and secondary data on the ground. Time of data collection
began in September until December 2012, cross sectional data retrieved by
collecting data in 2008 to 2012. Results: The findings of this study explains that
the growth of employee turnover has not reach more than 10%, so that that may
support the internal business process. The internal aspects of the business, which
is assessed from the fulfillment of the drugs’ respond time that reach more than
90% can be quite satisfying. The customer aspect, that assessed from the number
of customers who redeemed prescriptions and customer satisfaction showed that
this aspect not support the financial aspect. Thus, the financial aspect has not
shown expected profit percentage growth. Conclusion: From the relationship
between 4 variables that can be assessed, the learning and development variable
support the implementation of internal business processes, with the achievement
of the targeted appropriate. However, the customer assessment, has not obtained a
satisfactory target so that the factor cause a profit decline in the financial aspect.

 File Digital: 1

Shelf
 T35483-Duma Prapwiasih Margaretha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T35483
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 89 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35483 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20348876
Cover