ABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai optimalisasi modal sosial bermediasi teknologi
dalam personal selling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
optimalisasi modal sosial dalam personal selling yang dimediasi oleh teknologi.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan strategi deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada empat orang
informan. Penelitian ini mengeksplorasi tiga karakteristik yang menghubungkan
modal sosial dengan personal selling yaitu interaktif, intensif dan konservatif
kemudian menggali optimalisasi yang dapat dilakukan terhadap ketiganya yang
dimediasi oleh teknologi komunikasi. Dari hasil penelitian ditemukan adanya tahapan
dan pola modal sosial dalam personal selling yang menentukan optimalisasi apa yang
dapat dilakukan.
ABSTRACTThis research discusses about the optimization of technology-mediated social capital
in personal selling. The aim is to find out how to optimize social capital in personal
selling which mediated by communication technology. Analysis carried out by
qualitative research framework with a descriptive strategy in order to describing the
results and discussion. Data was collected through in-depth interviews to four
informants. This research was discover three characteristics of social capital that
connects with personal selling known as interactive, intensive, and conservative—
then try to digging out on how to optimize those factor through communication
technology. From the results, we can observe the stages and patterns of social capital
in personal selling that determines what to do related to optimization with through
communication technology.