UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas teknik scaffolding untuk mengembangkan strategi metakognisi dalam meningkatkan keterampilan mengeja saat menulis pada anak ADHD = The effectiveness of scaffolding technique in developing metacognitive strategy to increase spelling in handwriting of children with ADHD / Asri Mutiara Putri

Asri Mutiara Putri; Widayatri Sekka Udaranti, supervisor; Stephanie Yuanita Indrasari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu masalah akademik yang sering dialami anak ADHD adalah masalah dalam keterampilan menulis dasar yaitu mengeja. Anak ADHD tidak melakukan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi terhadap kegiatan menulis sehingga hasil tulisannya sering tidak akurat (kurang, salah atau kelebihan huruf dalam kata). Dalam penelitian ini intervensi dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mengeja anak ADHD saat menulis dengan mengembangkan strategi metakognisi melalui teknik scaffolding. Intervensi yang dirancang diharapkan dapat membantu anak ADHD mengembangkan kemampuannya meregulasi proses menulis secara mandiri. Penelitian menggunakan single subject design dengan melibatkan satu orang subyek, yaitu anak laki-laki berusia 8 tahun yang menyandang ADHD dan memiliki kesulitan dalam menulis khususnya mengeja. Setelah dilakukan analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, diketahui bahwa teknik scaffolding yang diberikan efektif dalam mengembangkan strategi metakognisi dan meningkatkan keterampilan mengeja saat menulis.

ABSTRACT
One of academic problem experienced by children with ADHD is problem in spelling as part of basic writing skills. Children with ADHD do not perform planning, monitoring, and evaluating process during writing task, therefore their writing product usually has low spelling accuracy. In this study, intervention was designed to improve spelling skill of children with ADHD while doing writing task by developing metacognitive strategy through scaffolding technique. This intervention expected to help ADHD children to develop their skill in regulating writing process independently. This study is a single subject research with one student involved in the process. Subject is an eight year old boy who shows ADHD symptom and has spelling difficulty. Qualitative analysis was applied to measure changes of behavior before and after intervention. The result of this study shows that scaffolding technique is effective in developing metacognitive strategy and improving spelling skill in writing task.

 File Digital: 1

Shelf
 T35705-Asri Mutiara Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T35705
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349656
Cover