ABSTRAKPenelitian ini menjelaskan tentang pengukuran dan pemetaan kinerja manajemen
rantai pasok menggunakan model Supply Chain Operation Reference (SCOR)
pada perusahaan studi kasus yaitu gudang distribusi Third-Party Logistics (3PL)
di Jakarta. Model SCOR mengkobinasikan beberapa elemen yakni Business
Process, benchmarking dan aplikasi-aplikasi yang mengarah kepada suatu
kerangka. Secara hierarki, model SCOR supply chain management terdiri dari
proses-proses rantai pasok detail yang saling terintegrasi dari supplier sampai
customer dimana semua proses tersebut searah dengan strategi operasional, kerja
dan aliran informasi perusahaan. Proses pengukuran kinerja didalamnya terdiri
dari perhitungan ukuran dan evaluasi kinerja yang dihitung dalam metrik level 1.
Ukuran-ukuran dapat dihitung berdasarkan definisi–definisi proses dan data
sebenarnya yang diambil dari supply chain pada perusahaan studi kasus.
Pemetaan kinerja sendiri terdiri dari desain dari proses kinerja, metode
pengumpulan data, dan pemetaan hubungan antara ukuran-ukuran kinerja yang
merupakan dasar dari analisis selanjutnya sesuai dengan pemetaan level 1 sampai
level 3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan struktur dan acuan
aturan yang terdefinisi dengan baik untuk mengukur kinerja dari desain serta
pendekatan benchmark untuk gap analysis dan pendekatan best practice untuk
pengembangan terhadap manajemen rantai pasok pada perusahaan jasa 3PL
dengan pendekatan model yang berfokus pada aktivitas internal dan eksternal
yaitu model SCOR versi 9.0.
ABSTRACTIn this research, it is explained more about the measurement and mapping of
performance supply chain management using the Supply Chain Operations
Reference (SCOR) model in warehouses distribution of Third-Party Logistics
(3PL). SCOR model combining a few elements of the Business Process,
benchmarking and applications that lead to a framework. Hierarchically, the
SCOR model consists of the supply chain management processes are integrated
with each other details of the supplier to the customer where all the processes in
line with operational strategy, work and information flow of the company.
Performance measurement process involves a series of calculations of the size and
performance evaluation metrics were calculated in level 1. Measures can be
calculated by the definitions and actual data taken from the company's supply
chain case study. Mapping the performance itself consists of the design of process
performance, data collection methods, and mapping the relationship between
performance measures that are the basis of the subsequent analysis according to
the mapping level 1 to level 3. The purpose of this reasearch to obtain a reference
structure and well-defined rules for measuring the performance of the design as
well as approaches for gap analysis benchmarks and best practice approach to the
development of supply chain management in the 3PL company's with a model
approach is SCOR model version 9.0. that focuses on internal and external
activity