ABSTRAK Penelitian ini menggambarkan dan menganalisis tentang pelaksanaan program
Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate social Responsibility (CSR)
Lapindo Brantas Inc. terhadap masyarakat yang terkena bencana lumpur Sidoarjo.
Penelitian ini menyoroti faktor- faktor dan kendala-kendala yang dihadapi oleh
Lapindo Brantas Inc. dalam menjalankan program CSR agar bermanfaat bagi
masyarakat korban lumpur Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan studi deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan
bahwa Lapindo Brantas Inc. telah melaksanakan program dan kegiatan
tanggungjawab sosial perusahaan dalam bentuk pengembangan lnasyarakat sejak
sebelum terjadinya bencana lurnpur Sidoarjo pada 2006. Setelah terjadinya
bencana lumpur Sidoarjo, progran tanggungjawab sosial perusahaan difokuskan
kepada pernberdayaan masyarakat melalui pembudidayaan lele serta usaha
warung makanan dari lele. Berbagai langkah dan upaya perbaikan dilakukan oleh
Lapindo Brantas Inc. melalui pelibatan partisipasi warga untuk mengatasi kendala
tersebut agar citra dan reputasi Lapindo Brantas Inc. menjadi lebih baik.
ABSTRACT This study describes and analyzes the implementation of the program on
Corporate Social Responsibility or Corporate Social Responsibility (CSR)
Lapindo Brantas Inc.. to the affected communities. This study highlights the
factors and constraints faced by Lapindo Brantas Inc.. in carrying out CSR
programs to benefit the victims of the Sidoarjo mud. This study uses qualitative
research methods to the study of descriptive analysis. The results shor,ved that
Lapindo Brantas Inc.. has been implementing programs and activities in the forrn
of corporate social responsibility comrnunity development since before the
Sidoarjo rnud disastbr in 2006. After the Sidoarjo rnud disaster, corporate social
responsibility programs focused on conmunity empowerment through the
cultivation of catfish and catfish food from the kiosk. Various measures and
remedial efforts undertaken by Lapindo Brantas Inc.. through the involvement of
citizen participation_to overcome these obstacles so that the image and reputation
of Lapindo Brantas Inc.. for the better.