ABSTRAK Perilaku caring adalah inti dari keperawatan dan merupakan fokus sentral yang
menyatu dalam praktik keperawatan. Asuhan keperawatan yang bermutu dengan
memperlihatkan sikap caring kepada pasien memiliki hubungan dengan kepuasan
pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara enam faktor karatif
perilaku caring Watson yang dipersepsikan perawat dengan kepuasan pasien di
Ruang Rawat Inap Dewasa Rumah Sakit Umum Tangerang. Penelitian deskriptif
korelasi dengan rancangan cross sectional ini menggunakan sampel sejumlah 97
perawat dan 97 pasien. Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis
menggunakan univariat dan bivariat (Chi Square). Hasil penelitian menunjukkan
ada hubungan bermakna antara enam faktor karatif perilaku caring Watson yang
dipersepsikan perawat dengan kepuasan pasien dengan p value 0,034 (α = <0.05).
Rumah sakit perlu membudayakan enam faktor karatif perilaku caring dalam
setiap asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien.
ABSTRACT Caring behaviour is the core of nursing and also as focal point in nursing practice.
Good quality of nursing practice which demonstrates caring intention has
significant relationship with patient satisfaction. This research has objective to
recognize the relationship among six factors of carative in Watson’s caring
behaviour which are perceived by nurses through patient satisfaction level in the
Inpatient Care Unit of Rumah Sakit Umum Tangerang. The research of
descriptive correlation with cross sectional design observed objects of 97 nurses
and 97 patients. The data were collected through questionnaires with univariate
and bivariate (Chi Square) method for data analysis. This research recognized
significant relationship between six factors of carative of caring behaviour with
nurse’s perception through patient satisfaction level with p value of 0,034. The
hospital is required to cultivate six factor of caring behaviuor in their each nursing
practice deliverables to the patients.