UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sistem penilai esai otomatis menggunakan model bound encoding of the aggregate language environment beagle = Automatic essay scoring using bound encoding of the aggregate language environment beagle model / Yoannita

Yoannita; Manurung, Hisar Maruli, supervisor; Mirna Adriani, examiner; Indra Budi, supervisor; R. Yugo Kartono Isal, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Sistem evaluasi pembelajaran berbasis soal esai mempunyai kelemahan misalnya
membutuhkan waktu yang lama bagi pengajar untuk membaca serta menilai
semua jawaban. Solusi dari kendala tersebut adalah suatu sistem penilai jawaban
esai otomatis. Metode yang menganalisis makna semantik seperti Latent Semantic
Analysis (LSA) telah digunakan sebagai metode dalam sistem penilai esai
otomatis. Metode lain yang menganalisis makna semantik seperti BEAGLE
(Bound Encoding of the Aggregate Language Environment) mencakup informasi
urutan kata sebagai tambahan dari informasi konteks. Pembelajaran pada
BEAGLE terdiri dari pembelajaran berbasis konteks, pembelajaran berbasis
urutan kata, maupun campurannya (berbasis konteks dan urutan kata). Penelitian
ini membandingkan efektifitas tiga macam pembelajaran pada BEAGLE untuk
menilai jawaban esai serta membandingkan efektifitas BEAGLE dan LSA untuk
menilai jawaban dalam bentuk esai. Uji coba dilakukan dengan 14 soal esai
dengan sifat soal subjektif maupun objektif. Berdasarkan penelitian ini, rata-rata
korelasi nilai BEAGLE-manusia (0,36) lebih tinggi dari LSA-manusia (0,22).
ABSTRACT
Learning evaluation system based on essay has disadvantages such as it takes a
long time for teachers to read and score all the student’s answers. The solution of
this problem is an automatic essay scoring. Method like Latent Semantic Analysis
(LSA) which analyze the semantic meaning, is often used as a method of
automatic essay scoring. Another method which analyze the semantic meaning,
BEAGLE (Bound Encoding of the Aggregate Language Environment) includes
order information as additional information of context information. Learning
process on BEAGLE consist of context-based learning, order-based learning, or
composite learning (context-based and order-based). This study compare the
effectiveness of this learning methods on BEAGLE to score student’s essay and
compared the effectiveness between BEAGLE and LSA to score student’s essay.
There are 14 essays with subjective and objective questions tested on this study.
Based on this study, the average correlation value of BEAGLE-human (0.36) is
higher than LSA-human (0.22).

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Yoannita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350446
Cover