ABSTRAK Tesis ini menganalisis pengaruh Kualitas SMS Gateway sebagai media informasi
terhadap Kepuasan dan Komitmen Pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten
Bogor. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) menganalisis berapa banyak
peningkatan kepuasan dan komitmen pelanggan dalam menggunakan SMS Gateway
berdasarkan persamaan regresi linier 2) menganalisis berapa kuat hubungan antara
kualitas pelayanan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya dengan kepuasan pelanggan
dan 3) menganalisis berapa kuat hubungan antara kepuasan pelanggan atas
penggunaan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya atas kualitas pelayanan SMS
Gateway beserta dengan komitmen pelanggan 4) menganalisis berapa besar pengaruh
kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis
berapa besar pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sedangkan untuk
pengolahan data menggunakan pengukuran skala likert. Adapun untuk analisis data
menggunakan persamaan regresi linier, korelasi pearson dan koefisien penentu
dengan bantuan software SPSS. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan SMS Gateway
terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu (z hitung) yaitu
sebesar 8,4672 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu
sebesar 9,365. Sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas SMS Gateway
terhadap komitmen pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,93
dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,55.
Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa nilai z hitung lebih besar daripada nilai
z table dimana nilai z tabel adalah sebesar 5,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan dan
komitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.
ABSTRACT This thesis analyzes the influence of SMS Gateway Quality service as information
media toward Customer’s Satisfaction and Commitment at PDAM Tirta Kahuripan
Kabupaten Bogor. The purpose of this research are. 1) to analyze the improvement of
customer’s satisfaction and commitment after using SMS Gateway by Linier
Regression Equation 2) to analyze how strong the correlation between SMS Gateway
quality service with it’s aspects and PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor
customer’s satisfaction and 3) to analyze how strong the correlation between
customer’s satisfaction with it’s aspects and customer’s commitment 4) to analyze
how strong the influence of SMS Gateway quality service with it’s aspects toward
customer’s satisfaction and the influence of customer’s satisfaction with it’s aspects
toward customer’s commitment .
This research uses survey method for data gathering, whereas uses likert scale, linier
regression, pearson correlation, determinant coeficcien and SPSS Software for data
processing. The total respondent of this research are 100 respondents. The result of
data processing shows that determinant coefficien value (z value) of SMS Gateway
quality service toward customer’s satisfaction is 8,4672, whereas it’s aspect is 9,365.
The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) of
customer’s satisfaction toward customer’s commitment is 6,93, whereas it’s aspect is
6,55. The result shows that z value is higher than z table where z table value is 5,18.
It can be concluded that there is strong influence of SMS Gateway quality service
toward customer’s satisfaction and commitment at PDAM Tirta Kahripan Kabupaten
Bogor.