ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model matematis yang dapat
mengkuantifikasi pengaruh tarif dan kualitas pelayanan (frekuensi, ketepatan
waktu penerbangan dalam hal ini adalah lama delay, serta jarak kursi) terhadap
perpindahan penumpang dari maskapai yang menawarkan jadwal penerbangan
tinggi beralih ke maskapai dengan jadwal penerbangan rendah. Metode yang
digunakan adalah metode pengembangan model dengan menggunakan data hasil
survey stated preference dan analisa binary logit. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap perpindahan
penumpang dari maskapai dengan jadwal penerbangan tinggi beralih ke maskapai
dengan jadwal penerbangan rendah yaitu ketepatan waktu penerbangan.
ABSTRACT The aim of this research is to develop a mathematical model that can be used to
quantify the effect of price and service quality (i.e. frequency, on time
performance-in this case means delay, and seat pitch) to the movement of
passenger from airlines with high flight schedule frequency to airlines with low
flight schedule frequency. Model development makes use of stated preference
data survey and binary logit analysis. The result of this research shows that the
“on time performance” is the most influencing factor in the airline choice, (i.e.
between airlines with high flight schedule frequency and airlines with low flight
schedule frequency).