UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Skenario pengurangan emisi karbon dioksida dari kegiatan transportasi di kota Bogor = Scenario of carbon dioxide reduction from transportation sector in Bogor / Farisatul Amanah

Farisatul Amanah; Nyoman Suwartha, supervisor; El Khobar Muhaemin Nazech, supervisor; Cindy R. Priadi, examiner; Gabriel Soedarmini Boedi Andari, examiner; Cindy R. Priadi, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Peningkatan produksi gas karbon dioksida dari sektor transportasi
meningkatkan potensi pemanasan global. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan pola skenario ideal penambahan ruang terbuka hijau (RTH)
publik dan penggantian bahan bakar solar menjadi biodiesel untuk mereduksi
karbon dioksida dari kegiatan transportasi di Kota Bogor. Pemodelan sistem
dinamis menggunakan Powersim dikembangkan untuk mensimulasikan empat
skenario. Skenario pertama adalah kondisi business as usual, sedangkan tiga
skenario lainnya berupa kombinasi laju penambahan RTH publik dan
penggantian solar menjadi biodiesel.
Kombinasi penambahan luas RTH publik hingga 20% dan penggantian
bahan bakar solar menjadi biodiesel sebesar 30% pada tahun 2031 (Skenario 2)
dapat mengurangi emisi karbon dioksida hingga 48,52% di tahun 2022.
Keberadaan RTH publik berperan penting dan lebih efektif dalam mengurangi
emisi karbon dioksida dibandingkan opsi penggantian bahan bakar. Namun
demikian, pengembangan bahan bakar biodiesel sangat mendesak untuk diperluas
sebagai solusi kelangkaan bahan bakar saat ini.

ABSTRACT
The increasing levels of carbon dioxide from transportation sector affects
global warming potency. This research aims to develop ideal scenario which
combines public green open space expansion and biodiesel substitution as vehicle
fuel in order to reduce carbon dioxide from transportation sector in Bogor City.
Dynamic system modeling using Powersim was developed to simulate four
scenarios. The first scenario is a business as usual condition, while the other three
scenarios are combination of the rate of public green open space expansion and
biodiesel substitution rate.
This research presents projections of four scenarios with different public
green open space expansion and biodiesel substitution rate. Combination of public
green open space expansion up to 20% and biodiesel substitution up to 30% in
2031 (Scenario 2) can reduce carbon dioxide about 48.52% in 2022. Public green
open space plays significant role has more important rule and more effective in
reducing to reduce carbon dioxide emission than fuel biodiesel substitution.
Nevertheless, biodiesel development substitution urges to be expanded developed
as potential solution in order to solve fossil fuel scarcity.

 File Digital: 1

Shelf
 T36081-Farisatul Amanah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T36081
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 90 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T36081 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350517
Cover