Supervisi Kepala Ruang terhadap perawat pelaksana penting dalam meningkatkan
kualitas asuhan keperawatan yang mereka berikan, sehingga dapat meningkatkan
kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara persepsi
perawat terhadap penerapan supervisi kepala ruang dan kepuasan pasien atas
pelayanan asuhan keperawatan yang diberikan perawat pelaksana. Desain
penelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatan
Cross Sectional. Teknik sampling dengan Purposive Sampling terhadap 94 pasien
dan 94 perawat. Analisis statistik menggunakan Chi Square. Penelitian
mendapatkan hasil bahwa supervisi berhubungan dengan kepuasan pasien
(p=0,002;α=0,005;OR=4,762, CI=95%), sedangkan karakteristik pasien tidak
berhubungan. Penelitian ini merekomendasikan untuk memperbaiki proses
supervisi dan perbaikan asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana terutama
komunikasi, kecepatan tanggap, kepedulian dan pengetahuannya untuk menjawab
pertanyaan pasien demi kepuasan pasien.
Head nurse’s supervision is important to enhance the quality of nursing care theyprovide, thereby increasing patients’ satisfaction. This study aimed to identify therelationship between the implementation of head nurse’s supervision perceived bynurse staff and patients’ satisfaction with nursing care. This study used descriptivecorrelative design and cross-sectional approach. Purposive sampling techniquewas utilized to involve 94 patients and 94 nurse staff. The patients and nurseswere given validated questionnaires to obtain data about satisfaction andsupervision implementation respectively. Statistical analysis using Chi Squareidentified that supervision was associated with patients’ satisfaction (p = 0.002; α= 0.005; OR = 4.762, CI = 95%), while patients’ characteristics has nocontribution to patients’ satisfaction.The study recommends to improvesupervision by head nurse and quality of nursing care. In order to enhancepatients’ satisfaction, aspects should be developed are communication,responsiveness, concern and knowledge to answer patients' questions