UI - Tesis Membership :: Back

UI - Tesis Membership :: Back

Efektivitas metode word building untuk mengajarkan membaca pada anak slow learner usia 7-8 tahun = The effectiveness of word building method to teach reading for slow learner children age 7-8 / Fardillah Ariati

Fardillah Ariati; Rini Hildayani, supervisor; Edward Andriyanto Soetardhio, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Luh Surini Yulia Savitri, supervisor ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode word building yang
diberikan melalui intervensi pada anak slow learner usia 7-8 tahun efektif
meningkatkan kemampuan membaca. Metode word building merupakan metode
untuk mengajarkan hubungan huruf-suara. Aplikasi metode ini menggunakan
kartu-kartu huruf yang disusun menjadi kata. Aktivitas di dalam metode ini,
memberi kesempatan kepada anak untuk melihat secara langsung bahwa
pengubahan satu huruf di dalam satu kata dapat menghasilkan kata baru.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian the-before-and-after-study design
atau dikenal juga dengan sebutan pre-test/post-test design. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari metode kualitatif dan
kuantitatif, dengan menggunakan t-test dan hasil observasi. Hasil perhitungan
statistik menunjukkan kemampuan membaca responden mengalami peningkatan
walaupun tidak signifikan.

ABSTRACT
The purposes of this research is to determine whether a word building method
that given through intervention in slow learner children age 7-8 years old,
effectively improve reading ability. Word building is a method to teach lettersound.
Application of this method is using letter cards that arranged into a word.
Activity in this method is giving children opportunities to experience the effects on
a word of changing one letter. The-before-and-after-study design or known as
pre-test/post-test design is used in this research. This research using quantitative
and qualitative for data analysis: t-test and observation. The result indicates that
there is an improvement reading ability, before and after intervention, although
not significant.

 Digital Files: 1

Shelf
 T35252-Fardillah Ariati.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Tesis Membership
Call Number : T35252
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description xiv, 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
T35252 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20350567
Cover