UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh pijat bayi terhadap perilaku tidur terjaga neonatus sakit yang dirawat di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta = The influence of baby massage on sleep awake behavior of sick neonates that take care in (RSUD) Pasar Rebo Jakarta

Zulharmaswita; Fajar Tri Waluyanti, examiner; Besral, supervisor; Yeni Rustina, examiner; Dessie Wanda, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

Neonatus memiliki kecenderungan untuk mengalami sakit dan kematian. Kondisi sakit dan dirawat di rumah sakit merupakan stimulus yang membuat bayi menjadi stres dan dapat mengganggu istirahat dan tidur bayi. Tidur yang terganggu akan berdampak negatif terhadap bayi dan dapat menimbulkan masalah yang berhubungan dengan perilaku dan masalah kognitif dikemudian hari. Salah satu upaya untuk menurunkan dampak tersebut dapat dilakukan dengan intervensi yang sederhana salah satunya pijat bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap perilaku tidur terjaga neonatus sakit yang dirawat di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta.
Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan sampel penelitian sebanyak 12 neonatus sakit yang dirawat di ruang perinatologi Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta yang dipilih dengan metode consecutive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan statistik Paired t test dan Wilcoxon test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pijat bayi terdapat peningkatan perilaku: tidur tenang, mengantuk, waspada tenang, dan waspada aktif serta penurunan perilaku tidur aktif dan menangis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pijat bayi memiliki efektifitas dalam meningkatkan pencapaian perilaku tidur terjaga yang lebih baik. Rekomendasi yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah penelitian ini dapat dilanjutkan dengan jumlah sampel yang lebih besar dan ada kelompok kontrol.

Neonates have a tendency to experience pain and death. Sick condition and hospitalized are stimulus that make es neonat become stressed and can disturb their rest and sleep. Interrupted sleep can adversely affect the neonates and can cause problems associated with behavioral and cognitive problems in the future. Effort to reduce the impact there is a one simple of intervention that can be done with baby massage. The purpose of this study was to determine the effect of baby massage on sleep awake behavior of sick neonates who were hospitalized in RS Pasar Rebo, Jakarta.
The study design was quasi experimental invoving as many as 12 sick neonates who were admitted in the perinatology ward and selected by consecutive sampling technique. Data were analyzed using paired t test and Wilcoxon test.
The result showed improved the neonate?s sleep behaviors: deep sleep, drowsy, alert, and consoderable motor activity, and decrease of active sleep behavior and crying.
The conclusion of this study is baby massage has an effectiveness in improving baby?s sleep behavior. The recommendations can be given of this study is that the study can proceed with a larger sample size and the use of control group.

 File Digital: 1

Shelf
 T35161-Zulharmaswita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T35161
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 63 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35161 15-20-386422701 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350589
Cover