ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dalam
mendisiplinkan anak untuk tidur siang yang diberikan melalui program intervensi.
Peningkatan keterampilan dua pengasuh anak yang mengikuti kegiatan di TPA
Makara UI dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang diukur dari pelaksanaan
rutinitas yang disusun oleh pengasuh sebelum anak tidur siang dan kerutinan
tidur siang anak asuh. Intervensi dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut,
yakni pada tanggal 31 Mei 2013 dan 1 Juni 2013. Materi dalam intervensi ini
meliputi perkembangan anak usia 3-4 tahun, tidur siang,dan rutinitas tidur siang,
serta penyusunan kegiatan rutin menjelang tidur siang dan penerapannya. Acuan
utama peneliti dalam materi program mengacu pada teknik menyusun rutinitas
tidur siang anak adalah dari Pantley (2007). Gambaran pelaksanaan rutinitas
menjelang tidur siang diperoleh dari pengisian yang dilakukan oleh pengasuh
pada buku log mengenai kegiatan selama 14 hari berturut-turut setelah
pelaksanaan intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara pada hari ke-4, ke-7,
ke-11, dan ke-14 setelah intervensi selesai. Hasilnya adalah terjadi perubahan
pada keterampilan pengasuh dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang.
ABSTRACTThe purpose of this research was to improve the capability of caregivers in
disciplining children to have afternoon naps through an intervention program.
The improvement of the two caregiver’s capability, who is a caregiver of a child
that took a program activity at the TPA Makara UI, of making the children take
their afternoon nap will be seen from the implementation of a routine that is
arranged by the caregiver before the child take a nap and the child’s routine of
taking an afternoon nap. The intervention was carried out for 2 (two) consecutive
days, on the 31st of May 2013 and the 1st of June 2013. Material given in this
intervention included development of children aged 3-4, afternoon naps, and the
routine of taking afternoon naps, as well the arranging of routinity before taking
afternoon nap and the application. The program material was based on the
technique of pre nap time routinity by Pantley (2007). Description of the
implementation of the routinity was taken from the content in the log book that
recorded the nap routine for 14 consecutive days after the intervention by the
caregiver. The analysis of the data in this research used a qualitative method by
conducting an interview on the 4th, 7th, 11th and 14th day after the intervention.
The result was a changing in the skill of the caregiver to discipline the children to
take a nap