ABSTRAKPendahuluan: pelaksanaan pendidikan kesehatan penting dilaksanakan rumah
sakit Tujuan: mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan pelaksanaan
pendidikan kesehatan di rumah sakit. Desain: deskriptif analitik terhadap 81
perawat pelaksana, dipilih dengan cosecutive sampling. Pengukuran faktor yang
mempengaruhi pendidikan kesehatan menggunakan kuesioner ( Cronbach= 0,953;
0,870). Hasil: Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan kesehatan yang
baik di antaranya persiapan, lingkungan dan sumber daya, serta sikap pasien
(p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Faktor yang paling dominan berpengaruh yaitu
persiapan pendidikan kesehatan (p=0,013; OR=3,87). Kesimpulan: Persiapan
pelaksanaan pendidikan kesehatan meningkatkan perawat pelaksana untuk
melaksanakan pendidikan kesehatan dengan baik sebesar 3, 87 kali lebih tinggi
dibanding pendidikan kesehatan yang tidak dipersiapakan dengan baik.
Rekomendasi: Meningkatkan pemahaman perawat akan perannya dalam
melaksanakan pendidikan kesehatan, dengan melakukan persiapan dan
menggunakan sumber daya yang ada.
ABSTRACTIntroduction: the implementation of health education at hospital is important
objective: determine the factors most related to implementation of health education
at hospital. Design: descriptive cross sectional analytic to 81 nurses, chosen by
cosecutive sampling. Measurement of factors that affect the implementation of
health education using questionnaires. Results: Factors that influence health
education is going well including preparation, environment and resources, and
patient’s attitudes (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Among the three factors that
affect the implementation of health education, found that the most dominant factor
is preparation to implementation of health education (p=0,013; OR=3,87).
Conclusion: preparation to implementation of health education would give 3, 87
times greater chance for nurses to conduct health education are well compared with
preparation are not do well. Recommendation: Increase the understanding of its
role and nurse will carry out health education, the preparation and use of available
resources.