ABSTRAKPuskesmas Bandaraya telah menerapkan pendidikan kesehatan kepada keluarga dengan
anggota keluarga toddler, namun masih ditemukan adanya cara yang belum optimal
dalam stimulasi perkembangan toddler oleh orang tua dan keluarga. Keluarga memiliki
peranan penting dalam menciptakan lingkungan guna merangsang potensi yang dimiliki
anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik
keluarga, pendidikan kesehatan dengan kemampuan keluarga dalam memberikan
stimulasi perkembangan toddler di Kecamatan Bandaraya Kota Banda Aceh. Desain
penelitian ini adalah cross sectional, sampel pada penelitian ini adalah keluarga dengan
anak toddler sebanyak 106 orang. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dan
regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pemahaman
pendidikan kesehatan dengan kemampuan kognitif keluarga secara bemakna dan
perkembangan toddler. Karakteristik keluarga menunjukkan hubungan yang kuat dengan
kemampuan kognitif keluarga (OR =2,188). Kemampuan keluarga perlu ditingkatkan
agar stimulasi perkembangan toddler dapat optimal.
ABSTRACTBandaraya clinic have done health education to families with family toddler, but
still found a way that is not optimal in the stimulation of the development of
toddler by parents and families. Families have an important role in creating an
environment to stimulate their child's potential. The purpose of this study was to
determine the relationship between family characteristics, health education to the
family's ability to provide developmental stimulation in the district Bandaraya
Kota Banda Aceh. The study design was cross-sectional, the sample in this study
is a family with toddler son as many as 106 people. Data were analyzed using chisquare
test and multiple logistic regression. The results showed association with
cognitive health education family p value <0.05, there is a connection with the
development of health education toddler, p value <0.05. Family characteristics
showed a strong relationship with the cognitive ability of the family (OR = 2.188).
Family ability must be upgrade for to lead optimalize toddler development