Perubahan gaya hidup yang sangat dinamis disertai dengan perkembangan teknologi
telekomunikasi mendorong munculnya berbagai layanan baru untuk bisa memenuhi
kebutuhan yang terus berkembang dalam berbagai format. Hal ini mendorong peningkatan
kebutuhan bandwith, storage sebagai tempat peyimpanan aplikasi layanan dan penyediaan
multi-format untuk multi perangkat bagi para operator layanan multimedia termasuk operator
telekomunikasi. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi dan perubahan teknologi yang
digunakan dalam bisnis telekomunikasi yang awalnya menggunakan teknologi IPTV
kemudian berevolusi menggunakan teknologi OTT (over the top). OTT adalah teknologi
yang memungkinkan layanan/konten yang dihantarkan memberikan kualitas tinggi dan bisa
di nikmati melalui berbagai jenis perangkat telekomunikasi dan disampaikan melalui jaringan
operator, tetapi secara langsung tanpa melibatkan operator. Beberapa contoh layanan OTT
yang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTune.[1]
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka dilakukan analisis dan pembuktian bahwa
implementasi Teknologi OTT pada jaringan FTTH untuk peningkatan business services
sebagai solusi bisnis telekomunikasi pada saat ini, dengan metode kompetitive analysis yaitu
membandingkan Teknologi OTT untuk menggantikan teknologi sebelumnya yang dianggap
sudah tidak sesuai lagi dengan tren pelanggan. Serta membandingkan layanan yang di
berikan oleh PT.Moratelindo menggunakan Teknologi OTT dengan para pesaing dalam
bisnis yang sama di Indonesia. Dalam pelaksanaan analisis menggunakan CPM (Competitive
Profile Matrix) yaitu dengan cara membandingkan key success factor PT.Moratelindo dalam
memberikan layanan ke pelanggan dengan satu-satunya pesaing di Indonesia pada saat ini
yaitu PT.Telkom serta pesaing dari Negara tetangga Singapura, dan terbukti bahwa
PT.Moratelindo memberikan layanan dengan melakukan implementasi Teknologi OTT pada
jaringan FTTH menjadi yang terbaik pada saat ini di Indonesia.
Dari analisa yang dilakukan menghasilkan perbaikan dari roadmap sebelumnya, bukan hanya
dari sisi teknologi saja akan tetapi dari produk yang akan di berikan ke pelanggan. Dari
roadmap yang telah di buat menunjukan bahwa dalam minimal dua tahun kedepan teknologi
OTT masih bisa di manfaatkan dan di explore lebih luas lagi sehingga PT.Moratelindo
optimis dalam menetapkan target pencapaian dalam business service dengan menggunakan
teknologi OTT tersebut dalam peningkatan keuntungan dan jumlah pelanggan.
Lifestyle changes are accompanied by a very dynamic development of telecommunicationstechnology to a wide variety of new services to meet the evolving needs in a variety offormats. This prompted an increased need for bandwidth, storage as a service applicationswith storage and provision for multi-format, multi-device multimedia services for operatorsincluding telecom operators. Therefore, the need for innovation and change in the technologyused in the telecommunications business initially using IPTV technology then evolved usingtechnology OTT (over the top). OTT is a technology that allows the service / contentdelivered providing high quality and can be enjoyed through various types oftelecommunications devices and delivered over the network operator, but directly withoutinvolving the operator. Some examples of OTT services which we know is a lot of Google,Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube and iTunes. [1]Based on the above background, the analysis and proof that the implementation of OTTTechnology on FTTH network to increase business telecommunication services as a businesssolution at this time, the method of analysis that compares competative OTT technology toreplace the previous technology is considered to be no longer compatible with the trendcustomers. And compare the service that is given by PT.Moratelindo using OTT technologywith competitors in the same business in Indonesia. In the implementation of the analysisusing CPM (Competitive Profile Matrix) is by way of comparing PT.Moratelindo key successfactor in delivering services to customers with the only competitor in Indonesia at this time,namely PT Telkom as well as competitors from neighboring countries Singapore, and provedthat PT . Moratelindo provide services to implement OTT Technology on FTTH network to bethe best at this time in Indonesia.An analysis of the yield improvement roadmap before, not only in terms of technology alonebut of the products that will be provided to the customer. Of the roadmap that has been madeto show that in at least the next two years is still OTT technology can be utilized and exploremore broadly so PT.Moratelindo optimistic in achieving targets set in business service usingthe OTT technology to increase corporate profits.