UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Episode pilot program dokumenter TV "Melodi Nusantara" = Pilot episode of documentary TV program "Melodi Nusantara"

Monika Astridlia Moenandar; Amelia Hezkasari Day, supervisor; Arturo Guna Priyatna, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Indonesia memiliki banyak kekayaan tradisional, mulai dari Sabang sampai Merauke, namun sangat disayangkan pengarsipan dari naskah dan tulisan ke bentuk video tidak diatur dengan baik. Untuk mencegah dan menghindari hilangnya tradisi, terutama dalam catatan musik dan instrument, harus segera dilakukan upaya pembuatan video dalam upaya untuk melestarikan ide-ide (budaya berbentuk intangible) di Indonesia.
Saya merasa terhormat dan bangga untuk bisa memproduksi salah satu bentuk budaya yang tidak berwujud seperti musik tradisional Indonesia. Saya memproduksi ?Melodi Nusantara?, sebuah program dokumenter video dengan anggaran yang rendah namun memiliki semangat yang tinggi dalam rangka melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia, khususnya di catatan musik dan instrument yang ada di pelbagai daerah seperti Pasundan (Jawa Barat), Bali, hingga Papua. ?Melodi Nusantara? adalah sebuah proyek percontohan yang akan diajukan sebagai proposal untuk Kompas TV, sebagai pipa distribusi yang peduli akan warisan budaya Indonesia.
Manfaat dan tujuan dari program ?Melodi Nusantara? adalah memberikan informasi serta pengenalan mengenai musik tradisional kepada khalayak. Program ini memiliki tema besar yang secara tidak disadari tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, yaitu musik sehingga khalayak tertarik untuk menyaksikan program ini karena musik merupakan sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Belum ada program dokumenter yang membahas secara mendalam mengenai musik tradisional.
Saya berharap untuk dapat menyajikan video ini ke Kompas TV yang akan memproduksi secara professional dan mendistribusikannya ke seluruh penjuru tanah air.

Indonesia provides a wide range of products of rich traditions, from Sumatra to Papua. Unfortunately, the archiving from manuscripts to videos is not well arranged. To avoid fading-out traditions, especially in music notes and instruments, a video for preserving the ideas (intangible products) of Indonesia must be initiated.
I am honored to archive the intangible cultural products of Indonesia?s traditional music. I am producing ?Melodi Nusantara? video documentary program is with low-budget but high-enthusiasm to archive Indonesian traditions, especially in music notes and instruments from various areas like Minang (Sumatra) to Pasundan (Java), to Papua. It is a pilot project as a proposal to Kompas TV, as a distribution pipe that is concerned about Indonesia?s cultural heritage.
The benefits and goals from developing this program is to give an information and introduction about music traditional to the audience. This program has theme about music traditional which is still rare on our television programs.
I am hoping to present this video to Kompas TV who shall produce it professionally and distribute it nation-wide.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Monika Astridlia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 36 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-19-106147465 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350941
Cover