UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis penerapan akuntansi zakat dan infak sedekah (PSAK 109) pada Yayasan Dompet Dhuafa Republika = Analysis of zakat and infaq shodaqoh accounting standard (PSAK 109) in Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Enggar Estiko Handoko; Sri Nurhayati, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Laporan magang ini membahas tentang pencatatan dan pelaporan akuntansi yang diterapkan oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DD). Kewajiban Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang telah terdaftar untuk menerapkan PSAK 109 menimbulkan konsekuensi perubahan perlakuan akuntansi yang selama ini menggunakan PSAK 45 dan panduan dari Forum Zakat (FOZ). Pada laporan magang ini secara lebih lanjut akan digambarkan mengenai siklus penerimaan dan pengeluaran dana, metode pencatatan akuntansi, dan pelaporan keuangan di DD, lalu penulis menganalisa dan membandingkan dengan apa yang ditetapkan oleh PSAK 109. Tujuan laporan magang ini adalah untuk melihat seberapa jauh penerapan PSAK 109 di DD. Metode yang digunakan adalah pengalaman penulis selama magang dan wawancara dengan manajer akuntansi DD. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam penerapan PSAK 109 di DD.

This internship report discusses about accounting and financial reporting implemented by the Yayasan Dhuafa Republika Republika (DD). The obligation of registered Zakat Management Organization (OPZ) to apply PSAK 109 impact the changes in accounting and reporting which was guided by PSAK 45 and Forum Zakat (FOZ) before. This internship report will further illustrated the cycle of income and expenditure, accounting method, and financial reporting in DD, and the analysis and comparation with PSAK 109. This internship report goal was to see how far the application of PSAK 109 in DD. The method used is the author's experience during internships and interviews with DD accounting manager. The analysis showed that there were no significant differences in the implementation of PSAK 109 in DD.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Enggar Estiko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 120 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-57209701 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350960
Cover