UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perubahan kadar fruktosa dan fosfatase asam dari bercak cairan mani pada kain katun berdasarkan usia bercak dengan menggunakan spektroskopi uv-visible = Changes in acid phosphatase and fructose levels from seminal fluid spots on cotton fabric based on spots age using uv-visible spectroscopy

Putu Melati Suci Kusuma; Wibisana Widiatmaka, supervisor; Ridla Bakri, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang usia bercak cairan mani dengan melihat perubahan kadar fruktosa dan fosfatase asam yang terkandung dalam cairan mani. Penelitian dalam tesis ini merupakan penelitian analisis korelatif dengan time series selama 6 hari pengamatan yang tidak kontinu. Dalam penelitian ini diperiksa sebanyak 36 sampel kain katun yang telah dibercakkan cairan mani diatasnya lalu dikeringkan di lingkungan terbuka kemudian pada hari ke 0 ke 1 ke 3 dan ke 6 setelah pembercakkan sampel tersebut diperiksa kadar fruktosa dan fosfatase asam yang terkandung didalamnya dengan menggunakan spektroskopi uv visibel.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan kadar fruktosa dan fosfatase asam yang terkandung dalam cairan mani tetapi didapatkan pula fakta bahwa kandungan fruktosa yang ada didalam cairan mani akan mempengaruhi kadar fosfatase asam yang juga terkandung dalam cairan mani. Selain itu dalam penelitian ini didapatkan pula adanya pengaruh dari jenis bahan kain yang digunakan sebagai media pembercakkan. Dimana kain katun ternyata juga akan memberikan hasil yang positif pada pemeriksaan kadar fruktosa. Penentuan usia bercak cairan mani berdasarkan perubahan kadar fruktosa dan fosfatase asam masih dapat digunakan tetapi dengan disertai pemeriksaan terhadap variabel variabel lainnya.

This study discusses the seminal age spots by looking at changes in levels of fructose and acid phosphatase contained in seminal fluid. The research in this thesis is a study of correlative analysis with time series for 6 days of observation which is not continuous In this study a total of 36 cotton fabric samples were examined each had been spotted with seminal fluid on it and then been dried in an open environment. On day 0, 1st, 3rd and 6th after spotted each sample was examined its level of fructose and acid phosphatase contained therein by using UV visible spectroscopy.
Results of this study showed changes in levels of fructose and acid phosphatase contained in the seminal fluid but found also the fact that the fructose content in the seminal fluid will affect acid phosphatase levels contained in the seminal fluid In addition to that in this study had been found also the influence of the type of fabric used as a spotted medium which was cotton fabric also giving a positive result on examination fructose levels. Determination of the age seminal fluid spot based on changes in levels of fructose and acid phosphatase could still be used but must be accompanied by examination of other variables.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Putu Melati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 76 hlm. : ill. : 28 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-22-20877017 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351668
Cover