UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Hubungan penggunaan media berita dengan pemahaman individu atas sebuah berita : studi kasus pada penggunaan akun twitter media berita dengan pemahaman berita tentang kematian Steve Jobs

Afifi; Pradita Seti Rahayu; Radian Nyi Sukmasari; R. Helmi Qodrat Ichtiat, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tingginya mobilitas individu di era new media membuat beberapa media cetak memanfaatkan jejaring sosial berupa Twitter sebagai sarana publikasi berita terhadap khalayak. Ditambah lagi para pengguna Twitter banyak yang memanfaatkan akun Twitter media cetak tersebut untuk mengakses berita yang diinginkan karena dianggap lebih praktis. Melihat hal tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah dengan mengakses berita via akun Twitter, individu tersebut paham dengan isi berita yang disajikan.
Penelitian ini membahas tentang hubungan penggunaan media baru berupa akun Twitter media cetak dengan pemahaman individu terhadap sebuah berita. Peneliti menjadikan berita kematian Steve Jobs pada Oktober 2011 sebagai konteks penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kuantitatif dengan paradigma positivis.
Hasil memperlihatkan terdapat hubungan positif antara penggunaan Twitter dengan tingkat pemahaman individu terhadap sebuah berita, dalam hal ini berita kematian Steve Jobs. Artinya semakin tinggi seorang individu mengakses berita kematian Steve Jobs melalui akun Twitter media cetak maka ia semakin paham dengan informasi mengapa dan bagaimana Steve Jobs meninggal serta nasib perusahaan Apple.inc pasca kematian pemiliknya.

The high mobility of individuals in new media age makes some printed media utilizing social media such as Twitter as a medium of publishing news to the audience. Furthermore, many Twitter users who use Twitter accounts of printed media to access the desired news because it was considered more practical. According to this, the researchers wanted how deep individual understand about the content of the news while the individual access news from printed media Twitter account.
This study discusses the relationship about media usage of printed media Twitter accounts with individual understanding of news. Researchers choose the news of the death of Steve Jobs in October 2011 as a research context. The method used in this study is quantitative methods with positivist paradigm.
The results showed a positive relationship between the usage of Twitter to the level of individual understanding of a story, in this case the news of the death of Steve Jobs. In other words, the higher an individual's access to news of the death of Steve Jobs through the printed media Twitter account, the more individual understand with the information about why and how Steve Jobs died and the fate of the Apple.inc after his death.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Afifi et.al.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 73 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-55313823 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351865
Cover