UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Relasi kuasa dalam novel grafis Embroideries karya Marjane Satrapi = Power relation in graphic novel Embroideries by Marjane Satrapi

Andina Larasati; Sembiring, Bulayat Cornelius, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2013)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relasi kuasa yang terdapat dalam novel grafis 'Embroideries' oleh Marjane Satrapi. Dibingkai dengan teori-teori dalam studi gender yang secara khusus berfokus pada gagasan The Second Sex oleh Simon de Bevouir dan Relasi Kuasa oleh Foucault, penelitian ini menganalisa relasi kekuasaan yang terkandung dalam narasi. Hubungan kekuasaan yang tercermin dari kisah kehidupan tiga wanita generasi Iran yang, dalam hidup mereka, menjalani frustrasi terhadap diskriminasi gender, penindasan, dan KEKERASAN hak asasi manusia.
Temuan menunjukkan bahwa ada beberapa jenis relasi kekuasaan yang sangat rumit karena mereka tidak hanya mewakili kekuatan yang tidak seimbang antara laki-laki dan perempuan, tetapi juga di kalangan laki-laki, perempuan, gadis, timur, barat dan wanita. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa ada respon khas ditunjukkan dengan wanita yang tertekan terhadap diskriminasi. Sebaliknya jelas melawan penindasan tersebut, para wanita ini melakukan strategi manipulatif untuk menjalani hidup yang menarik tanpa harus menunjukkan ketahanan terhadap suami, keluarga, dan masyarakat. Hal ini dapat juga diartikan sebagai kinerja kebebasan dalam masyarakat terbatas dan dibatasi.

The purpose of this research is to figure out the power relation in the graphic novel Embroideries by Marjane Satrapi. Framed with the theories in gender studies that specifically focus on the idea of The Second Sex by Simon de Bevouir and The Power Relation by Foucault, this research analayzes the power relation contained in the narration. The power relations are reflected from the life stories of three generation Iranian women who were, in their life, undergoing frustration towards gender discrimination, oppression, and human right violance.
The findings reveal that there are several types of power relation that are very complicated because they don't only represent unequal power between men and women but also among men, women, girl, east, and west women. The finding also reveals that there is a distinctive response showed by the opressed women towards the discrimination. Instead clearly fighting against the opression, these women were doing manipulative strategies in order to lead an exciting life without having to show their resistance to their husbands, family, and society. This can be also interpreted as the performance of freedom in constrained and restricted society.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Andina Larasati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2013
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 15 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-042434225 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352079
Cover