UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Dunia mimpi dalam puisi Osiris Ou la Fuite en Egypte karya Jacques Pr Vert = The world of dream in Osiris Ou la Fuite en Egypte poem by Jacques Pr Vert

Dinda Dwiyandari; Apsanti Djokosuyatno, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Artikel ini menganalisis puisi Osiris ou la fuite en Égypte karya Jacques Prévert dengan tujuan untuk mengungkapkan dunia mimpi di dalamnya yang merupakan salah satu ciri aliran surealisme yang dianut sang pengarang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan strukturalisme. Meskipun larik awal menyatakan bahwa waktu adalah masa perang di Paris (pendudukan Jerman), namun puisi ini penuh dengan kata-kata yang maknanya sangat bertentangan tetapi sedemikian rupa sehingga kesan yang timbul justru kedamaian dan kebahagiaan. Selain itu ada kejadian fantastik yaitu Osiris yang hidup dan menikahkan dua pengunjung yang saling jatuh cinta. Penyebutan dan penggambaran Osiris yang merupakan dewa kematian dan juga kehidupan, serta kata Égypte itu sendiri merupakan suatu dunia mimpi di Paris yang saat itu sedang diduduki Jerman.

This article aims to explore and analyze the world of dream described by Jaques Prevert on his poem Osisris ou la fuite en Egypte. It reveals the the world of dream described on the poetry, which is typically one of the most important characteristics in surrealist writings. The method used in this article is the structuralism. Inspite of the description of Paris in war time in the beginning of the poeme, the poetry evokes a peaceful, silent, and happy world. The contrasting words used in the poem, the repetition of the nice sentences, Osiris being alive, and his marrying two lovers produce the world of dream in the sad and isolated Paris.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Dinda Dwiyandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 20 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-106999859 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352227
Cover